NEWSTICKER
Menko PMK Muhadjir Effendy - - Medcom.id/Anggi Tondi
Menko PMK Muhadjir Effendy - - Medcom.id/Anggi Tondi

Muhadjir Sebut Usulan Si Kaya Nikahi Si Miskin Hanya Intermeso

Nasional Pernikahan
Nur Azizah • 20 Februari 2020 17:21
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebut usulan Kementerian Agama mengeluarkan fatwa ihwal orang kaya menikahi orang miskin hanya intermeso. Pemberian fatwa merupakan kewenangan Kementerian Agama.
 
"Ya itu kan domain Pak Menag (Fahrur Razi), waktu itu intermezo saja saya, cobalah, (saya bilang) 'Pak Menag mungkin perlu ada fatwa yang kaya kawin dengan yang miskin," kata Muhadjir di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Februari 2020.
 
Muhadjir menyebut fatwa tak bersifat mengikat. Muhadjir mengaku mengeluarkan ide itu untuk mengurangi angka kemiskinan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Fatwa kan artinya anjuran. Saya minta ada semacam gerakan moral bagaimana memutus mata rantai kemiskinan itu," ungkap dia.
 
Muhadjir Sebut Usulan Si Kaya Nikahi Si Miskin Hanya Intermeso
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut masyarakat miskin hanya berani menikah dengan yang miskin. Begitu juga dengan yang kaya.
 
"Ini bagaimana supaya yang kaya tidak harus memilih-milih ketika mencari jodoh atau menantu harus sesama kaya, jadi gerakan moral saja, fatwa itu anjuran. Jangan dipelesetkan jadi wajib," tegas dia.
 
Sebelumnya, Muhadjir menyebut jumlah keluarga miskin mencapai 9,4 persen dari total 57,116 keluarga di Indonesia. Dia menjelaskan ketika si miskin menikah dengan yang miskin lagi, akan melahirkan keluarga miskin.
 
"Ini dipengaruhi perilaku masyarakat di mana orang akan mencari kesetaraan. Yang kaya mencari yang sesama kaya. Yang miskin juga cari yang miskin, karena sesama miskin lahirlah keluarga baru yang miskin. Kita harapkan ada gerakan moral untuk menghilangkan cara pandang ini," beber dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif