NasDem Sepakati SIPP Besutan KPK

M Sholahadhin Azhar 19 November 2018 17:06 WIB
partai nasdem
NasDem Sepakati SIPP Besutan KPK
Sekretaris Jenderal NasDem, Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
Jakarta: Partai NasDem sepakat menjalani Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) besutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Segala aspek yang berkaitan dengan peningkatan kualitas parpol dan kaderisasi akan dipelajari dan dijalankan.
 
"Gagasan untuk membangun sistem integritas partai politik (SIPP) itu sejalan dengan yang kami pikirkan," kata Sekretaris Jenderal NasDem, Johnny G Plate di DPP NasDem, Senin, 19 November 2018.
 
Namun, kata Plate, pihaknya tidak menelan mentah-mentah sistem itu. Perlu riset untuk mengetahui keefektifan gagasan tersebut. Sebab, banyak aspek berkaitan dengan peningkatan kualitas parpol dan kaderisasi yang termaktub dalam SIPP.

Baca: Kerja Sama Parpol-KPK Membangun Sistem Kepartaian Penting

Secara pribadi, kata Plate, tujuan dari sistem tersebut memang baik. Seperti asistensi KPK terkait integritas kader. "Tapi kan pekerjaan parpol tidak hanya satu aspek. Semua adalah aspek untuk membangun negara. Kami akan pelajari itu," kata Plate.
 
Sebelumnya, Direktur Pembinaan Jaringan Kerja dan Antar Komisi dan Instansi KPK, Sujanarko, menyodorkan SIPP kepada Plate. Menurut Sujanarko, partai  adalah instansi yang mencetak calon-calon pemimpin.
 
Dengan SIPP ini, pihaknya ingin membentengi partai dari perilaku koruptif. "Salah satu yang banyak setor calon pemimpin kan Partai NasDem," kata Sujanarko.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id