Wakil Presiden Jusuf kalla di Kantor Wapres, Jakarta. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.
Wakil Presiden Jusuf kalla di Kantor Wapres, Jakarta. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.

Yayasan TKI Diminta Tingkatkan Kemampuan Pekerja

Nasional tki
Achmad Zulfikar Fazli • 26 Februari 2019 12:09
Jakarta: Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) diminta untuk meningkatkan kemampuan para pekerja yang dikirim ke luar negeri. Hal ini penting agar pekerja Indonesia bisa bersaing dengan pekerja asing dari segi kemampuan maupun pendapatan.
 
"Kita banyak mengalami masalah; yang ke luar negeri, yang dikirim tenaga kerja, yang memiliki skill yang rendah, sehingga pendapatannya juga rendah. Di dalam negeri sebaliknya kadang-kadang untuk kerjaan skill, kita masih membutuhkan tenaga dari luar," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Gedung YTKI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 26 Februari 2019.
 
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia itu mengatakan permasalahan itu harus menjadi pemicu semua pihak agar bergerak lebih maju. Semua harus bahu-membahu memberikan pelatihan kepada para pekerja Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena itu, kita harapkan YTKI yang gedungnya sudah direnovasi, yang sudah sangat baik, dapat menjadi pusat pelatihan yang baik, mempunyai fasilitas yang baik," ujar Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI).
 
Kalla menekankan gedung YTKI tidak boleh hanya menjadi tempat upacara. Fasilitas ini harus dimanfaatkan sebagai tempat pelatihan. Pasalnya, pelatihan hal mutlak yang harus diberikan kepada para pekerja untuk bersaing dengan negara lain.
 
"Negara-negara di mana pun di dunia ini berlomba lomba penguasaan teknologi," ucap mantan Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) itu.
 
Dia menekanakan bila ke depannya ingin memberdayakan banyak pekerja Indonesia, semua pihak harus banyak membuat perubahan. Para pekerja tak boleh hanya diberikan kemampuan dalam bekerja dan pengetahuan, mereka juga harus menguasai teknologi.
 
Baca: Direkam Saat Mandi, TKI di Hong Kong Gugat Majikan
 
Di sisi lain, Kalla berharap YTKI dapat berkembang semakin baik. YTKI ke depan harus dapat memenuhi kebutuhan para pekerja, seperti memberikan tempat seminar, pelatihan dan pengembangan untuk mencapai kemajuan para pekerja.
 
Hal ini, lanjut dia, penting lantaran saat ini banyak lembaga yang berhasil memberikan pelatihan manajemen serta pendidikan. YTKI diharapkan dapat mencontoh lembaga-lembaga tersebut.
 
"Karena alangkah baiknya ini lembaga (YTKI) yang sangat strategis, baik tujuannya juga tempatnya, ditingkatkan maksimal (untuk) kita semua," pungkas dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif