Ketua Komisi II dari Fraksi Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. Medcom.id/Cindy
Ketua Komisi II dari Fraksi Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. Medcom.id/Cindy

Komisi II Tetapkan Jadwal Pemilu 2024 Pekan Depan

Nasional kpu DPR RI Tanggal Pencoblosan Pemilu 2024 Pemilu 2024 jadwal Pemilu 2024
Kautsar Widya Prabowo • 17 Januari 2022 16:09
Jakarta: Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia menyebut jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mesti segera ditetapkan. Pihaknya dalam waktu dekat bakal menggelar rapat bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu.   
 
"Minggu depan kita akan rapat kerja (raker) untuk putusakan jadwal dan tahapan pemilu," ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 17 Januari 2022.
 
Doli menjelaskan penetapan jadwal pemilu terbentur perdebatan antara pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pemerintah menginginkan pemilu digelar pada Mei dan KPU menginginkan pada akhir Februari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komisi II, kata Doli, tidak memihak salah satu opsi penyelenggaran pemilu. Pihaknya akan mendorong keputusan bersama antara pemerintah dan penyelenggara pemilu.
 
"Dua elemen ini yang penting satu yang menyelenggarakan secara teknis yang satu yang nyiapin anggarannya. Jadi kalau dua kompenen ini setuju kita dorong," kata politikus Golkar itu.
 
Penetapan jadwal Pemilu 2024 masih menjadi tanda tanya. Pasalnya, DPR, pemerintah, dan penyelenggara belum menyelenggarakan rapat konsultasi hingga masa sidang ke-II 2021-2022 berakhir.
 
Setidaknya ada dua opsi yang mengemuka terkait jadwal pemilu. Usulan pertama diajukan KPU pada 21 Februari 2024. Sedangkan opsi kedua diajukan pemerintah, yaitu 15 Mei 2024.
 
Baca: Penentuan Tanggal Pemilu 2024 Condong Ikuti KPU
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif