Prabowo Subianto (kedua dari kanan) bersama Puan Maharani (kedua dari kiri). Foto: MI/Ramdani
Prabowo Subianto (kedua dari kanan) bersama Puan Maharani (kedua dari kiri). Foto: MI/Ramdani

Survei: Duet Prabowo-Puan Berpotensi Paling Kuat

Nasional capres Prabowo Subianto survei Pilpres puan maharani Pilpres 2024
Juven Martua Sitompul • 23 April 2022 15:09
Jakarta: Hasil survei Saiful Mujani & Consulting (SMRC) menujukkan akan ada persaingan ketat jika Prabowo Subianto dipasangkan dengan Puan Maharani dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pasangan Prabowo-Puan berpotensi jadi pasangan terkuat.
 
Dalam salah satu simulasi dengan pilihan tertutup, hasil survei menunjukkan pasangan Prabowo-Puan mendapat dukungan sebanyak 41 persen. Pasangan ini unggul atas Anies Baswedan–Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mendapat dukungan 37,9 persen. Sedangkan, 21 persen menjawab tidak tahu.
 
“Ini seimbang. Selisihnya tidak terlalu signifikan secara statistik, 41 dengan 38. Hanya 3 persen,” kata pendiri SMRC, Saiful Mujani, dalam kanal YouTube SMRC TV, Sabtu, 23 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada simulasi lain, Prabowo–Puan juga masih memiliki kans kuat ketika dihadapkan dengan duet Ganjar Pranowo–Airlangga Hartarto. Hasilnya juga seimbang.
 
Prabowo–Puan mendapat dukungan 39,3 persen. Hasil ini beda tipis dari Ganjar–Airlangga yang mendapat dukungan 40,3 persen. Sementara itu, 20,5 persennya tidak menjawab.
 
Baca: Ganjar Pranowo Dinilai Peduli Pembangunan Desa
 
Kemudian, dalam simulasi 3 poros, angka dukungan antara ketiganya seimbang satu sama lain. Anies–AHY mendapat dukungan 29,8 persen, Ganjar–Airlangga 28,5 persen, dan Prabowo–Puan sebesar 27,5 persen. Sementara itu, 14,3 persen tidak menjawab.
 
“Hasilnya saya sebut ini seimbang. Kita lihat perkembangan dua tahun ke depan seperti apa,” kata Saiful.
 
Survei ini dilakukan dengan melibatkan 1.027 responden melalui wawancara tatap muka pada 13-20 Maret 2022. Margin of error survei kurang lebih 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif