Negosiasi Perbatasan Indonesia-Timor Leste Berlanjut

Achmad Zulfikar Fazli 28 Juni 2018 17:45 WIB
indonesia-timor leste
Negosiasi Perbatasan Indonesia-Timor Leste Berlanjut
Presiden Jokowi dan Presiden Timor Leste Francisco Guterres Lú Olo/Medcom.id/Fikar
Bogor:  Pemerintah Indonesia dan Timor Leste akan kembali menegosiasikan perbatasan darat dan laut kedua negara. Beberapa garis perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste masih dalam pembahasan.

"‎Jadi, darat ada dua segmen yang belum selesai, kemudian maritim yang ada di utara, tetapi maritim dimulai kalau yang daratnya sudah selesai," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Juni 2018.

Retno menjelaskan wilayah selatan antara kedua negara juga dimulai setelah Timor Leste menyelesaikan persoalan dengan Australia. Indonesia memulai konsultasi dengan pemerintahan setempat soal itu.


Kedua titik perbatasan darat yang belum terselesaikan, yakni di Noel Besi-Citrana dan Bijael Sunan-Oben. Perbatasan Noel Besi-Citrana merupakan wilayah di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, dan Kabupaten Ambeno yang merupakan bagian Wilayah Timor Timur.

Sedangkan Bijael Sunan-Obel merupakan wilayah perbatasan Kabupaten Timor Tengah Utara, yang menjadi bagian Indonesia dengan Distrik Oecusse bagian Timor Leste.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id