Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. MI/M Irfan
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. MI/M Irfan

Risma Tak Ingin Penanganan PPKS Sebatas Kasihan

Nasional tri rismaharini Kementerian Sosial
Nur Azizah • 06 Januari 2021 10:59
Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini tak ingin penanganan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) sebatas belas kasihan. PPKS harus diberi pendampingan agar bisa mandiri.
 
Risma mengirim para PPKS yang dia temui ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat. Di sana mereka mendapatkan berbagai penanganan, termasuk peningkatan dan penguatan keterampilan.
 
"Mereka bisa meningkatkan kesejahteraan di masa depan," kata Risma dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 6 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usai dilantik sebagai Mensos, Risma mulai blusukan ke kolong tol hingga bantaran kali. Risma bertemu pemulung, gelandangan, pengemis, serta anak-anak penyandang disabilitas di kolong jembatan kawasan Salemba, Jakarta Pusat.
 
Mereka langsung dibawa ke BRSEGP Pangudi Luhur untuk diberi keterampilan. Risma juga mengajak Asmani, seorang penjual jas hujan dan masker di flyover Mampang, yang ditemuinya kemarin untuk diberi keterampilan.
 
“Kami ajak. Mari Bu, ikut saya ya. Biar ibu enggak kehujanan, nanti saya jemput ya,” kata Risma.
 
Baca: 2 Minggu Jabat Mensos, Ini Gebrakan Risma
 
Risma juga memboyong Mulyana, pemulung asal Subang, Jawa Barat. Pria yang mengaku sudah tinggal di Jakarta selama lima tahun itu ditemui Mensos di Jalan Saharjo, Jakarta.
 
"Mereka bersedia dibawa dan langsung asesmen awal di BRSEGP Pangudi Luhur. Termasuk mendapatkan pengecekan kesehatan sesuai protokol covid-19, rapid test antibodi," ujar Risma.
 
Para PPKS diajari cara membuat pupuk kompos. Mereka juga diajarkan cara beternak ikan lele, potong rambut, hingga menjadi montir mobil.
 
"Yang ibu-ibu diajarkan untuk membuat masker dari bahan kain yang bisa dijual dan meningkatkan pendapatan," terang mantan Wali Kota Surabaya itu.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif