Konferensi pers Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) di Jakarta, Jumat, 7 Mei 2021. Foto: Medcom.id/Anggitondi Martaon
Konferensi pers Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) di Jakarta, Jumat, 7 Mei 2021. Foto: Medcom.id/Anggitondi Martaon

Dimotori Aktivis 98, Prima Perkenalkan Diri Sebagai Partai Baru

Nasional kpu pemilu partai politik politik
Anggi Tondi Martaon • 07 Mei 2021 22:30
Jakarta: Kancah perpolitikan Indonesia semakin ramai dengan lahirnya sejumlah partai baru. Teranyar, ada Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).
 
"Prima ini baru berdiri itu 27 Mei 2020. Cuma proses politik menunju pendirian partai ini sudah berlangsung lama," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Prima, Rudi Hartono, di Cempaka Putih, Jumat, 7 Mei 2021.
 
Dia menyebutkan mayoritas penggagas Prima para aktivis reformasi 98. Mereka lalu mengajak sejumlah kelompok masyarakat mendirikan Prima.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Komaruddin Beberkan 3 Faktor Kemunculan Parpol Islam
 
"Dari akademisi, pengusaha, UMKM, agamawan, dan kelompok perempuan," ungkap dia.
 
Setelah berdiri, mereka bergerak mempersiapkan berbagai keperluan pendaftaran ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Dalam hitungan bulan, pengakuan dari negara diperoleh.
 
"Prima sudah mengantongi surat legalisasi dari Kemenkumham sebagai parpol yang sah," sebut dia.
 
Pengesahan itu dibuktikan dengan diterimanya pengajuan perubahan nama, logo, lambang, dan tanda gambar Prima dari Partai Kemajuan. Pengubahan itu sudah disahkan melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Nomor M.HH-21.HH11.01 Tahun 2020 yang dikeluarkan pada 29 September 2020.
 
Dia menjelaskan Prima telah memiliki 34 dewan pimpinan wilayah (DPW), 387 dewan pimpinan kabupaten/kota, dan 3.700 unsur pengurus di kecamatan. Kesiapan struktur partai dianggap sudah selesai.
 
Tugas selanjutnya yang akan diselesaikan Prima, yakni memenuhi persyaratan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). DPP tengah mengumpulkan seribu kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu tanda anggota (KTA) kader Prima per kabupaten/kota.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Umum Prima Ma'ruf Asli Bhakti menyampaikan pendirian partai ini untuk memperjuangkan harapan pendiri bangsa. Pihaknya ingin mewujudkan masyarakat adil makmur. Prima beranggotakan wajah-wajah baru. 
 
"Sehingga terbebas dari berbagai beban politik di masa lalu," kata Ma'ruf.
 
Namun, Ma'ruf masih menutup rapat struktur kepengurusan DPP Prima. Hal itu bakal disampaikan pada deklarasi, Selasa, 1 Juni 2021.
 
"Bertepatan dengan 76 tahun lahirnya Pancasila, Prima akan mendeklarasikan diri kehadirannya di tengah masyarakat," ujar dia.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif