Suasana rapat. (Foto: MI/Ramdani)
Suasana rapat. (Foto: MI/Ramdani)

Komisi II Rampungkan Persiapan Pilkada Sebelum Masa Jabatan Berakhir

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 08 Juli 2019 19:40
Jakarta: Komisi II DPR RI bersama penyelenggara Pemilu mulai membahas persiapan Pilkada 2020. Diharapkan, sebelum periode 2014-2019 berakhir, pembahasan selesai dilakukan.
 
Komitmen tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Herman Khaeron usai rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu), dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Rapat membahas draf PKPU Pilkada Serentak 2020.
 
"Tadi komitmennya bahwa untuk Pilkada Serentak 2020, berikut PKPU dan peraturan Bawaslu akan kita selesaikan pada akhir masa jabatan kami," kata Herman, di ruang rapat Komisi II Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 8 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Demokrat itu mengungkapkan, akhir jabatan anggota DPR periode 2014-2019 berakhir pada pertengahan September tahun ini. "Diharapkan seluruh sarana, prasarana, dan peraturan terkait pelaksanaan Pilkada 2020 sudah bisa diputuskan," katanya.
 
Herman yakin waktu yang tersisa cukup. Mengingat, pembahasan pilkada serentak sudah pernah dilakukan pada penyelenggaraan sebelumnya.
 
"UU Nomor 10 tahun 2016 sudah pernah dilaksanakan. Nanti tinggal merevisi sesuai waktu tahapan menuju 2020," katanya.
 
Saat ditanya waktu pembahasan selanjutnya, Herman menjawab, "Kami bisa saja nanti membahas pada 23 atau 24 Juli, atau pada masa reses selanjutnya.”
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif