Ketua Divisi Advokasi Demokrat Ferdinand Hutahaean. MI/Bary Fathahilah.
Ketua Divisi Advokasi Demokrat Ferdinand Hutahaean. MI/Bary Fathahilah.

Partai Demokrat Nilai Jokowi Pikirkan Regenerasi Kepemimpinan

Nasional partai demokrat presiden jokowi
M Sholahadhin Azhar • 03 Juli 2019 08:19
Jakarta: Partai Demokrat menilai pernyataan Presiden Joko Widodo tak memiliki beban di periode kedua tak sepenuhnya benar. Presiden terpilih dinilai masih punya beban regenerasi kepemimpinan.
 
"Semua Presiden kita punya beban untuk meneruskan generasi kepemimpinan ke depan. Itu pasti dipikirkan Jokowi," kata Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 2 Juli 2019.
 
Baca: Presiden: Kabinet Butuh Anak Muda

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beban ini dinilai memicu Jokowi memberi ruang bagi generasi muda di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Petahana ingin memberi warna baru di kabinet berikutnya.
 
"Akan naif sekali kalau Pak Jokowi menikmati jabatan kepresidenan tapi tak menyiapkan kepemimpinan ke depan," ujar Ferdinand.
 
Ferdinand menambahkan anak muda berumur di bawah 50 tahun akan menjadi pemimpin bangsa pada 2024 hingga 2029. Jokowi pun dinilai perlu menyiapkan generasi penerus di periode berikutnya.
 
Regenerasi kepemimpinan dinilai perlu dilakukan. Sehingga, generasi muda siap mengambil tampuk kepemimpinan saat giliran mereka tiba.
 
"Maka saya percaya Pak Jokowi akan memikirkan ini dan menyiapkan pemimpin ke depan dengan memberikan mereka porsi di bagian pemerintahan karena itu bagian dari pengkaderan," kata Ferdinand.
 
Baca: Jokowi Diharapkan Tanpa Beban Menyusun Kabinet
 
Komponen pemerintahan yang komprehensif dinilai menjadi keuntungan Jokowi melakukan pengkaderan. Sebab, para generasi muda ini tak cuma bisa ditempa di kementerian.
 
"Mungkin juga bukan menteri tapi banyak lembaga lain untuk tempat pengkaderan anak-anak muda ke depan," pungkas Ferdinand.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif