Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan. Medcom.id/ Whisnu M
Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan. Medcom.id/ Whisnu M

Tutup Buku Pilpres, Demokrat Fokus ke Pileg

Nasional partai demokrat
Whisnu Mardiansyah • 01 Juli 2019 05:00
Jakarta: Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan partainya sudah menerima hasil Pilpres 2019 yang memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Demokrat sudah menutup buku terkait yang telah terjadi saat Pilpres.
 
"Selesai sudah soal pilpres kami fokus pileg. Dan fokus ke pilkada kabupaten/kota," kata Hinca di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu, 30 Juni 2019.
 
Demokrat menghormati segala proses tahapan Pemilu 2019 termasuk penetapan resmi pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres. Demikian juga terkait keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh gugatan pasangan Prabowo-Sandi, yang dijagokan Demokrat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentu sebagai parpol kita harus ikuti tahapan itu oleh KPU pasca putusan MK lalu kita ikuti semua bisa seleai tahapan pilpres ini, setelah ini baru pileg," kata Hinca.
 
Terkait ketidakhadiran kubu Prabowo di acara penetapan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019 dirinya pun tidak memahami. Namun, kata Hinca, secara resmi koalisi parpol pengusung Prabowo-Sandi dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) sudah resmi berakhir.
 
"BPN juga sudah selesai dibubarin yang hadir partai politik. Ya paling tidak Demokrat hadir," kata Hinca.
 
KPU resmi menetapkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024. Penetapan itu diambil melalui forum rapat pleno terbuka.
 
"Menetapkan, pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2019 nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan perolehan suara sebanyak 85.067.362 atau 55,5 persen dari total suara sah," kata Ketua KPU Arief Budiman.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif