Presiden Joko Widodo berjalan bersama anak-anak perwakilan siswa SD di Jayapura dan Asmat, Papua, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). ANT/Akbar Nugroho Gumay.
Presiden Joko Widodo berjalan bersama anak-anak perwakilan siswa SD di Jayapura dan Asmat, Papua, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). ANT/Akbar Nugroho Gumay.

Jokowi Pastikan Perwakilan Papua Masuk Kabinet

Nasional kabinet jokowi
Desi Angriani • 11 Oktober 2019 13:10
Jakarta: Presiden Joko Widodo memastikan perwakilan Papua akan masuk dalam kabinet periode 2019-2024. Jokowi memiliki Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yambise sebagai perwakilan Papua di Kabinet Kerja 2014-2019.
 
"Saya pastikan ada," tegasnya di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Jokowi enggan memerinci jumlah kursi yang bakal diberikan kepada perwakilan Papua. Saat ini, Presiden juga memiliki Lenis Kogoya sebagai staf khusus untuk Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti dilihat (berapa orangnya)," imbuh Jokowi.
 
Jokowi juga belum memastikan jadwal pengumuman kabinet. Tak tertutup kemungkinan struktur kabinet diumumkan setelah pelantikan yang berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB, Minggu, 20 Oktober 2019.
 
"Mungkin bisa hari yang sama, mungkin sehari setelah pelantikan," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.
 
Kepala Negara berencana mengubah sejumlah nomenklatur kementerian di periode berikutnya. Jokowi akan membentuk kementerian baru dan melebur beberapa kementerian. Sebanyak 11 wakil menteri juga akan ditambahkan dalam kabinet berikutnya.
 
Kalangan profesional diprioritaskan mengisi posisi kementerian ekonomi. Sedangkan kader partai politik akan mengisi kementerian urusan politik, hukum, dan keamanan.
 
Jokowi juga akan menambahkan anak muda agar kabinet lebih berwarna. Para milenial ini akan menempati kursi menteri di bidang pendidikan, olahraga, dan ekonomi digital.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif