Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Tokoh Nasional Bukan Capres Potensial di 2024

Nasional pemilu
Anggi Tondi Martaon • 03 Juni 2020 17:53
Jakarta: Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai tidak banyak tokoh nasional yang potensial maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mayoritas calon kuat dikuasai kepala daerah, khususnya gubernur di Pulau Jawa.
 
"Saya melihat memang kepala daerah berambisi setelah tidak ada lagi tokoh-tokoh sentral di republik ini yang sudah hampir ya Pak Prabowo (Menteri Pertahanan Prabowo Subianto) sudah hampir sulit, kemudian Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) tidak maju lagi," kata Pangi kepada Medcom.id, Rabu, 3 Juni 2020.
 
Selain kedua sosok tersebut, tokoh nasional lain dianggap tidak menonjol. Sosok yang sempat maju dalam pilpres tiga periode lalu pun dianggap sudah mulai meredup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pangi menyebutkan eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno masih memiliki peluang. Namun, dia harus memastikan Prabowo Subianto tidak maju sebagai kontestan di Pilpres 2024.
 
"Artinya selain Sandi tidak ada tokoh nasional. Semuanya sudah tua semua dan lebih banyak ke kepala daerah," sebut dia.
 
Selain itu, ketua umum (ketum) partai politik yang lolos di parlemen juga tidak berpotensi maju dalam pilpres. Hanya Demokrat dan Golkar yang dianggap memiliki niat mengusung ketum pada pilpres nanti.
 
Baca: Penanganan Korona Disebut Arena Rivalitas Menuju Pilpres
 
"Kalau PDIP mungkin tidak ada, NasDem juga kosong, PAN (Partai Amanat Nasional) juga enggak kelihatan, PKS (Partai Keadilan Sejahtera) kosong. Ya ketum partai lolos parlemen enggak banyak punya kans untuk calon presiden," sebut dia.
 
Untuk itu, dia tak heran mayoritas kandidat kuat yang bakal maju pada Pilpres 2024 berasal dari kepala daerah. Mereka meliputi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan DKI Jakarta Anies Baswedan.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif