Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto menghadiri Sidang Kabinet Paripurna Pertama di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: MI/Ramdani
Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto menghadiri Sidang Kabinet Paripurna Pertama di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: MI/Ramdani

Menteri Terawan Kucing-kucingan dengan Wartawan

Nasional Virus Korona
Anggi Tondi Martaon • 29 Juni 2020 21:41
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menghindari wartawan saat menghadiri rapat di Komisi IX DPR. Sikap seolah-olah main 'kucing-kucingan' ini dia perlihatkan saat diminta penjelasan terkait kritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap penyerapan anggaran kesehatan penanganan covid-19.
 
Awalnya, wartawan sudah menunggu kehadiran Terawan sebelum rapat kerja dimulai. Berdasarkan agenda yang disebar Kesekretariatan Jenderal (Kesetjenan) DPR, rapat dimulai pada pukul 14.30 WIB dengan agenda pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2021.
 
Niat mencegat Terawan sebelum rapat gagal. Sebab, suksesor Nila Moeloek itu sudah ada di ruangan sebelum rapat dimulai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rapat pun sempat diskors sekitar pukul 16.15 WIB. Namun, Terawan tidak beranjak dari posisinya selama istirahat. Dari pintu samping, Terawan terlihat mengobrol dengan salah seorang yang tidak diketahui identitasnya tersebut.
 
Rapat kembali dilanjutkan sekitar pukul 17.00 WIB hingga 18.00 WIB. Namun, Letnan Jenderal TNI (Purn) itu tidak keluar dari pintu depan. Dia memilih keluar dari pintu samping dan dikawal oleh beberapa ajudan.
 
"Saya mau itu dulu," respons Terawan saat disapa Medcom.id serta beberapa wartawan lainnya yang menunggu di pintu samping dan langsung masuk ke toilet.
 
Baca: Kinerja Kemenkes Lagi-lagi Disentil Jokowi
 
Tak berapa lama kemudian, dia keluar dan langsung menuju Gedung Nusantara II. Namun, langkah Terawan sempat terhenti dan memutar balik ke arah tangga yang merupakan akses menuju parkir mobil.
 
"Pak, salah, Pak. Lewat sini, Pak," kata ajudan yang mendampingi Terawan.
 
Mengetahui Terawan bakal meninggalkan Kompleks Parlemen, pewarta pun sempat menanyakan pendapatnya terkait kritik Presiden Jokowi terkait rendahnya serapan anggaran kesehatan penanganan Covid-19. Terawan bungkam sambil berlari kecil menyusuri tangga dan langsung memasuki mobil sedan hitam berpelat nomor RI 28.
 
Sebelumnya, Jokowi sempat menyentil kinerja Kemenkes pada Sidang Kabinet Paripurna, 18 Juni 2020. Dia mengatakan serapan Kemenkes masih minim.
 
Dia memerintahkan anggaran yang telah dikeluarkan segera diberikan kepada masyarakat. Sebab, makin banyak uang yang dikeluarkan maka semakin banyak konsumsi masyarakat.
 
"Misal bidang kesehatan dianggarkan Rp75 triliun baru keluar 1,35 persen coba, uang beredar kerem di situ semua," kata Jokowi.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif