TKN Sebut Bahar Smith Tak Mencerminkan Akhlak Nabi

Whisnu Mardiansyah 30 November 2018 10:33 WIB
ujaran kebencian
TKN Sebut Bahar Smith Tak Mencerminkan Akhlak Nabi
juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily. Foto: Medcom.id/Husen.
Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin angkat bicara terkait umpatan Bahar Smith kepada Presiden Joko Widodo. Umpatan itu dinilai tak mencerminkan akhlak nabi apalagi yang bersangkutan adalah tokoh pemuka agama.
 
"Tak pantas seorang yang mengaku habib mengeluarkan kata-kata yang tak etis dengan menyebut presiden banci, haid, buka celana dan lain-lain," kata juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily saat dihubungi wartawan, Jumat, 30 November 2018.
 
Ace mengatakan, jika yang bersangkutan menggunakan embel-embel gelar habib semestinya menjadi tauladan akan sifat dan sikap Nabi Muhammad SAW. Yaitu mengajarkan bertutur kata yang lembut (qaulan layyinan) dan berkata baik (qaulan ma’rufa), bukan mencaci maki yang bernada kebencian.
 
Ace melanjutkan tak ada larangan seseorang mengkritik kepala negara atau presiden. Namun, etika dan kesantunan berbahasa tetap diutamakan sebagai tradisi dan adat ketimuran .
 
"Menggunakan kata-kata yang tak etis dan tak sopan bukan akhlakul karimah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Apalagi hal itu dilontarkan oleh seseorang yang mengaku keturunan Nabi, seorang habib," tegas Ace. 

Baca: Moeldoko Kecam Pernyataan Bahar Smith

Politikus Partai Golkar itu sepenuhnya mendukung proses hukum terhadap umpatan Bahar Smith. Negara ini merupakan negara hukum. Tentu laporan itu harus disertai dengan bukti yang kuat.
 
"Jika sudah ada bukti-bukti yang kuat, pihak kepolisian jangan ragu untuk menindaknya. Jika tidak, yang bersangkutan akan terus berceramah dengan menebarkan ujaran kebencian dalam ceramahnya," pungkasnya.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id