Ilustrasi: MI/Ramdani
Ilustrasi: MI/Ramdani

Jokowi: Sektor Pariwisata Terkontraksi Sangat Dalam

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 06 Agustus 2020 10:59
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut pariwisata menjadi salah satu sektor paling terdampak pandemi covid-19. Hal yang sama juga terjadi di sektor penerbangan.
 
"BPS (Badan Pusat Statistik) merilis pertumbuhan ekonomi kita di kuartal yang kedua jatuh berada di angka -5,32 persen dan saya melihat sektor yang terdampak, terkontraksi sangat dalam di sektor pariwisata dan sektor penerbangan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Agustus 2020.
 
Dari data yang ia peroleh, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara anjlok hingga 81 persen. Hingga triwulan kedua, wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia hanya 482 ribu. Pada triwulan pertama 2020, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 2,61 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini turun 81 persen untuk quarter to quarter dan turun 87 persen untuk year on year. Artinya, memang turunnya terkontraksi sangat dalam," ungkap Kepala Negara.
 
Kendati begitu, Jokowi masih melihat peluang. Pandemi ini harus menjadi momen transformasi bidang pariwisata dan penerbangan.
 
Baca: Perlu Terobosan dalam Strategi Pemasaran Pariwisata
 
"Melalui penataan yang lebih baik mengenai rute penerbangan penentuan hub, penentuan superhub, kemungkinan juga penggabungan BUMN (badan usaha milik negara) penerbangan dan pariwisata sehingga arahnya menjadi semakin kelihatan," jelas dia.
 
Jokowi berharap fondasi ekonomi di sektor pariwisata dan transportasi akan semakin kokoh. Dengan begitu, kedua sektor ini tak terpengaruh bila ada pandemi di kemudian hari.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif