Presiden Ingin Proyek Strategis Nasional 2017 Segera Rampung

Sunnaholomi Halakrispen 17 April 2018 03:00 WIB
proyek strategis nasional
Presiden Ingin Proyek Strategis Nasional 2017 Segera Rampung
Presiden Joko Widodo -- Foto: Antara/ Kornelis Kaha
Jakarta: Presiden RI Joko Widodo meminta jajarannya buat menyelesaikan Proyek Strategis Nasional (PSN) 2017 pada tahun 2018. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam evaluasi PSN hingga awal tahun 2018. 

"Begitu pula dengan program dan proyek strategis nasional yang direncanakan untuk mulai dikerjakan 2018, betul-betul dipastikan eksekusinya di lapangan," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 16 April 2018.

Jokowi mengatakan rancangan hingga pelaksanaan PSN dilakukan untuk meningkatkan nilai perekonomian daerah. Juga, meminimalisir kemiskinan dan ketimpangan sosial.


Oleh karena itu, kata dia, PSN harus berintegrasi terhadap perkembangan sektor unggulan di tiap daerah. "Misalnya tol laut harus dipastikan bahwa program ini benar-benar bisa menurunkan biaya logistik, berdampak pada turunnya harga-harga bahan pokok yang diperlukan rakyat terutama di daerah-daerah kepulauan," tutur Jokowi.

Baca: Jokowi Ingin APBN Fokus pada Program Strategis

Ia meminta jajarannya tidak boleh berhenti berkomunikasi dengan masyarakat dalam memberikan pemahaman terkait manfaat pengerjaan PSN di masing-masing daerah. Pasalnya, masyarakat dapat menyadari untuk ikut andil dalam mengawasi dan memelihara setiap pelaksanaan PSN bahkan hingga proyek rampung.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga mengimbau jajarannya tidak hanya berpatokan pada APBN yang ada untuk sumber dananya. Ia berharap ada investor mau bekerja sama.

"Dalam pelaksanaannya saya juga minta jangan semuanya dilakukan oleh BUMN, jangan juga dikerjakan oleh anak-anak BUMN. Libatkan sektor swasta terutama swasta-swasta yang berada di daerah di mana proyek tersebut dikerjakan," pungkasnya.





(AZF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360