Airlangga Disebut Diunggulkan Mendampingi Jokowi

Kautsar Widya Prabowo 04 Juni 2018 04:00 WIB
pilpres 2019
Airlangga Disebut Diunggulkan Mendampingi Jokowi
Airlangga Hartarto (kiri) dan Presiden Joko Widodo saat olahraga pagi di kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. (Foto: Biro Setpres).
Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disebut diunggulkan menjadi calon wakil presiden mendapingi Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Peluang Airlangga menjadi cawapres dinilai cukup besar.

"Kalau dilihat secara formal memang peluang sosok ketua umum (Airlangga Hartarto) berada di atas," ujar Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tandjung dalam acara Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), seperti dilansir Antara, Jakarta, Minggu, 3 Juni 2018. 

Ia mengaku belum mengetahui nama-nama yang dibahas untuk mendampingi Jokowi. Menurut dia, nama cawapres seharusnya dibicarakan di internal partai, meski keputusan akhir ada di tangan Jokowi.


"Pak Jokowi yang menentukan siapa orang yang akan mendampingnya," tuturnya. 

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tingkat 1 Golkar ingin Airlangga maju jadi cawapres Jokowi. Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menyebut suara itu sangat kuat dari 34 DPD.

"Setuju sudah bulat seperti yang tadi disampaikan. Mereka (34 DPD) sangat ingin, tetapi ketua umum kita menjaga itu," kata Lodewijk di Kantor DPD Golkar, Cikini, Jakarta, Jumat, 1 Juni 2018.

Menurut Lodewijk, alasan kader ingin Airlangga jadi pendamping Jokowi lantaran optimistis Golkar dapat meraih 60 persen dukungan di Pilkada Serentak 2018. Kder Golkar juga merasa telah bekerja keras untuk memenangkan pemilu legislatif dan pemilu presiden. 



(AZF)