Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: MTVN/Dheri Agriesta
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: MTVN/Dheri Agriesta

Kalla Singgung Johanes Marliem di Depan Diaspora Indonesia

Nasional korupsi e-ktp diaspora indonesia
Dheri Agriesta • 21 Agustus 2017 12:54
medcom.id, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta diaspora Indonesia membagi ilmu yang mereka dapat di luar negeri kepada masyarakat di Tanah Air. Ilmu yang dibagikan sebaiknya bernilai positif, bukan malah negatif.
 
Kalla menyindir kasus kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang sempat bikin heboh. Apalagi, beberapa waktu lalu Johannes Marliem, salah satu saksi kunci kasus KTP-el, dikabarkan meninggal di Amerika Serikat.
 
"Dia ternyata mempunyai kelompok mau merampok bangsa ini, merampok keuangan negara ini. Nah itu jangan diikuti seperti itu," kata Kalla saat pidato di hadapan diaspora Indonesia di Hotel J.S. Luwansa, Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 21 Agustus 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kalla menyebut, Johannes dan komplotannya merampok kekayaan negara dengan ilmu yang mereka punya. Hal ini dinilai berbahaya.
 
"Kita ingin dengan ilmu Anda membangun bangsa ini sebaik-baiknya," kata Kalla.
 
Pemeritah tak berharap seluruh diaspora pulang ke Indonesia. Para diaspora cukup membagikan ilmu mereka kepada masyarakat Indonesia. Pemerintah ingin, diaspora bisa bersinergi untuk membangun bangsa.
 
Kalla mencontohkan beberapa negara di Asia yang berkembang karena diaspora, seperti Filipina, Tiongkok, India, dan Singapura. Filipina, kata Kalla, mendapatkan 30 persen pendapatan dari diaspora. Hal ini tak hanya menguntungkan dari segi pengembangan ilmu tapi juga ekonoomi.
 
"Kalau 6 juta (jumlah diaspora Indonesia) terus mentransfer USD100 untuk keluarganya itu hampir Rp1 triliun. Pemerintah tidak mencampuri tapi keluarganya mendapat pendidikan lebih tinggi. Jadi diaspora itu baik. Mencerdaskan bangsa," kata Kalla.
 

(MBM)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif