NEWSTICKER
Peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020. Foto: Medcom.id/ Sri Yanti Nainggolan
Peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020. Foto: Medcom.id/ Sri Yanti Nainggolan

Bawaslu Berlakukan Pengawasan Ekstra Bagi Calon Petahana

Nasional pilkada serentak
Sri Yanti Nainggolan • 25 Februari 2020 15:41
Jakarta: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan meneken Surat Keputusan Bersama (SKB) lintas kementerian dan lembaga. SKB mengatur pengawasan ekstra bagi calon petahana di Pilkada Serentak 2020.
 
"SKB (melibatkan) Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), BKN (Badan Kepegawaian Negara), dan KSN (Kantor Sekretariat Negara)," kata Ketua Bawaslu Abhan kepada wartawan, Selasa, 25 Februari 2020.
 
SKB mengatur norma dan potensi pelanggaran calon petahana agar kelat tak ada lagi silang pendapat antarlembaga. Pelanggaran calon petahana bisa berupa sanksi administrasi hingga diskualifikasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Manokwari Paling Rawan di Pilkada 2020
 
Kasus yang kerap terjadi adalah mutasi jabatan.Calon petahana tidak boleh memutasi pejabat daerah tanpa izin Kemendagri. Larangan diberlakukan enam bulan sebelum penetapan calon pasangan pilkada. Artinya, tak boleh ada mutasi per 8 Januari 2020.
 
"Kalau sekarang melakukan mutasi, ada izinnya tidak? Nanti bisa jadi masalah pas 8 Juli. Kan kita tahu dia petahana atau bukan pada tanggal itu," papar dia.
 
Bawaslu Berlakukan Pengawasan Ekstra Bagi Calon Petahana
Ilustrasi: Medcom.id
 
Abhan mengungkapkan saat ini isi SKB sedang digodok. Kemungkinan awal Maret 2020 kelima lembaga tersebut akan menandatangani surat tersebut.
 
Bawaslu meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2020. Salah satu isu paling rawan adalah keberpihakan ASN kepada peserta pilkada. Keberpihakan tersebut umumnya dikarenakan peserta pilkada adalah petahana.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif