Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 5 Agustus 2020. Foto: Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 5 Agustus 2020. Foto: Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

BUMN Penerbangan Bakal Digabungkan dengan Pariwisata

Nasional pariwisata penerbangan
Nur Azizah • 06 Agustus 2020 12:35
Jakarta: Presiden Joko Widodo berencana menggabungkan badan usaha milik negara (BUMN) di bidang penerbangan dengan pariwisata. Wacana ini muncul setelah Jokowi mendapat laporan sektor pariwisata dan penerbangan terkontraksi sangat dalam akibat pandemi covid-19.
 
Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara anjlok hingga 81 persen. Pada triwulan pertama 2020, kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 2,61 juta, sedangkan triwulan kedua hanya 482 ribu.
 
"Pandemi harus dijadikan momentum konsolidasi dan transformasi sektor pariwisata dan penerbangan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Agustus 2020

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi berharap dengan penggabungan tersebut, fondasi ekonomi di sektor pariwisata dan penerbangan semakin kokoh. Dengan begitu, kedua sektor ini tak terpengaruh bila ada pandemi di kemudian hari.
 
Pia kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961, itu berencana menggabungkan seluruh komponen pariwisata. Hal ini mulai dari tranportasi, kuliner, hotel, hingga industri kreatif.
 
Baca: Jokowi: Sektor Pariwisata Terkontraksi Sangat Dalam
 
"Ekosistem pariwisata dan pendukungnya termasuk penerbangan betul-betul harus dirancang dengan manajemen yang lebih terintegrasi, lebih konsolidasi dari hulu sampai hilir," ujar Jokowi.
 
Dia menyebut hal ini tidak pernah dilakukan sebelumnya. Kondisi ini membuat sektor pariwisata dan penerbangan berjalan sendiri-sendiri.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif