Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Kesiapan Masyarakat Harus Ditingkatkan Menghadapi La Nina

Nasional cuaca buruk fenomena alam
Anggi Tondi Martaon • 14 Oktober 2020 21:16
Jakarta: Kesiapan masyarakat harus ditingkatkan menghadapi ancaman badai La Nina. Sebab, potensi bencana semakin besar karena curah hujan meningkat 40 persen.
 
"Agar masyarakat lebih siap lagi dalam menanggulangi potensi bencana alam dengan tindakan preventif," kata Anggota Komisi VIII DPR Nurhadi kepada Medcom.id, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Politikus NasDem itu menyebut peningkatan kapasitas bisa dilakukan melalui berbagai cara. Misalnya pelatihan dan sosialisasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pelatihan rutin evakuasi dan seterusnya (sosialisasi) sampai dengan tingkat desa dan rumah tangga," ujar dia.
 
Baca:Fenomena La Nina Bisa Berdampak Positif Asal...
 
Hal senada disampaikan Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lilik Kurniawan. Pihak terkait di daerah harus menyosialisasikan potensi bencana dengan cara kreatif dan mudah dipahami masyarakat.
 
"Informasi (potensi bencana) jangan biasa-biasa saja," kata Lilik dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Dia juga meminta meminta masyarakat lebih aktif mencari informasi prediksi cuaca dan peta potensi bencana di Indonesia. Informasi tersebut bisa diakses melalui aplikasi Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG), dan BNPB melalui aplikasi inaRISK.
 
"Silakan didownload di app store maupun di aplikasi inaRisk personal," ujar dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif