Anggota Komisi III Johan Budi. MI/Rommy Pujianto
Anggota Komisi III Johan Budi. MI/Rommy Pujianto

Johan Budi Sebut KPK Tidak Bisa Asal Pecat Pegawai

Nasional KPK ASN DPR RI
Putra Ananda • 15 Mei 2021 03:36
Jakarta: Anggota Komisi III Johan Budi Sapto Prabowo menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak bisa asal memecat pegawainya. Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK, pegawai Lembaga Antirasuah baru bisa diberhentikan apabila melanggar kode etik berat, melakukan tindak pidana, dan meninggal atau mengundurkan diri.
 
"Kalau kita mengacu pada UU KPK, memberhentikan pegawai itu kan ada dasarnya. Kalau alih status ini menurut saya seharusnya tidak berdampak pada pemecatan," ujar Johan di Jakarta, Jumat, 14 Mei 2021.
 
Politikus PDI Perjuangan itu menilai 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) dalam alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN) tidak bisa diberhentikan begitu saja. Mereka juga kini baru berstatus nonaktif jika mengacu pada Surat Keputusan (SK) Pimpinan KPK Nomor 652 Tahun 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya masih berpatokan pada SK tersebut," ungkapnya.
 
Baca: Penonaktifan 75 Pegawai Dinilai Upaya Pelemahan KPK
 
Johan mengatakan Komisi III segera menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan pimpinan KPK untuk memperjelas status ke-75 pegawai yang gagal lolos tes TWK. Johan mengatakan RDP rencananya digelar usai libur lebaran.
 
"Jadi, nanti tentu akan kita tanyakan dalam RDP dengan KPK bagaimana jalan keluarnya seperti apa," ujarnya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif