Anggota DPR terpilih Partai NasDem Taufik Basari. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Anggota DPR terpilih Partai NasDem Taufik Basari. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

NasDem Ingin Menularkan Gaya Berpolitik

Nasional partai nasdem
M Sholahadhin Azhar • 20 Juli 2019 04:44
Jakarta: Sebanyak 59 anggota DPR terpilih dan perwakilan DPW NasDem ditatar soal table manner. Tata cara jamuan ini diharapkan menjadi tren untuk pendidikan legislasi anggota DPR.
 
"Apa yang selama ini dilakukan NasDem juga bisa menulari partai-partai lain, kita menampilkan gaya berpolitik yang baru," kata anggota DPR terpilih Taufik Basari di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Jumat, 19 Juli 2019.
 
Menurut dia, NasDem ingin mempersiapkan wakil rakyat dari segala aspek. Termasuk, dalam menghadapi jamuan formal. Menurut Taufik, table manner masuk pendidikan terkait attitude atau perilaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Supaya ketika anggota terpilih dari NasDem berhadapan dengan berbagai pihak, bisa menempatkan diri dengan baik," kata Taufik.
 
Pendidikan ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi partai lain. Sebab, pelatihan table manner juga menyasar peningkatan kualitas pribadi anggota DPR. Mereka diajari bersikap santun dan terdidik.
 
Taufik meyakini materi ini bisa berdampak luas. "Ini bagian dari upaya kita meningkatkan kepercayaan rakyat kepada unsur legislatif," ujar Taufik.
 
Dalam materi table manner, 59 anggota DPR dari Partai NasDem dipandu menggunakan perangkat jamuan dalam suatu meja makan. Proses tersebut penuh canda tawa, karena banyak dari wakil rakyat tak terbiasa menghadapi jamuan formal.
 
Aturan table manner sendiri sangat ketat, bahkan untuk urusan duduk di kursi, peserta tak bisa sembarangan. Mereka harus tegak dan tidak bersandar pada kursi. Selain itu, peserta dilarang menempatkan lengan mereka di meja.
 
"Kalau mengambil butter untuk roti, harus pakai alat ya, jangan dicocol karena ini bukan colenak," ujar pemandu melalui pengeras suara, yang disambut tawa peserta.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif