Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Medcom.id/Cindy
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Medcom.id/Cindy

Surya Paloh: PDIP Sahabat

Nasional Partai NasDem
Whisnu Mardiansyah • 09 November 2019 16:03
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membantah pidato soal Pancasilais di pembukaan Kongres II NasDem menyinggung PDI Perjuangan.Surya menyebut pidato semata memberikan pencerahan ke publik esensi dan makna sebenarnya dari Pancasila.
 
"PDIP kan sahabat. Kita bersahabat dengan semuanya. Untuk apa saling menyinggung, salah lagi kita," kata Suryausai membuka Pameran Pasar Gagasan di Kongres II Partai NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 November 2019.
 
Surya juga membantah pidato itu ungkapan emosional lantaran dipandang sinis dan curiga terkait silaturahim politik ke PKS. Dia menegaskan tak pernah main-main dengan ideologi bangsa Pancasila.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut kini ideologi itu mulai luntur justru dimunculkan para elite tertentu dengan mengumbar rasa saling curiga dan sinisme. "Kalau Pancasila kita anggap emosional ya siapa yang nggak marah bangsa ini. Mana mungkin, Pancasila alat pemersatu ideologi kita," tegas Surya.
 
Surya Paloh mencurahkan kegelisahan di tengah situasi politik saat ini. Dia menilai semangat mempererat tali persatuan justru dimaknai saling curiga dan sinisme.
 
"Bangsa ini sudah capek dengan segala intrik yang mengundang sinisme satu sama lain kecurigaan satu sama lain hingga kita berkujung ke kawan ini bangsa model apa seperti ini. Tingkat diskursus politik yang paling picik di negeri ini," kata Surya dalam pidato di Kongres II Partai NasDem di Hall B3 Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 8 November 2019.
 
Surya menegaskan sikap saling curiga dan sinisme jauh dari nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Menurutnya, ada pihak-pihak yang sengaja mengumbar kecurigaan dengan upaya Partai NasDem menjalin silaturahim politik dengan partai di luar pemeritahan.
 
"Pancasila sebagai pegangan kita. Tapi kita tidak laksanakan itu. Ngakunya partai nasionalis partai yang pancasilais ya buktikan saja di rakyat yang membutuhkan pembuktian partai mana yang paling menanamkan nilai-nilai Pancasila," tegas Surya.
 


 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif