Petugas BPJS menunjukkan kartu keanggotaan BPJS Kesehatan. Foto: MI/Ramdani
Petugas BPJS menunjukkan kartu keanggotaan BPJS Kesehatan. Foto: MI/Ramdani

Menkes Upayakan Subsidi BPJS Terealisasi

Nasional BPJS Kesehatan
Damar Iradat • 08 November 2019 15:43
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto berupaya pemberian subsidi kepada peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kelas III dapat terealisasi. Ia segera menyelesaikan rencana itu dalam waktu dekat.
 
"Itu kemauan dan keinginan kita semua, coba saya kerjakan, katanya suruh cepat-cepat," kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 8 November 2019.
 
Terawan berharap iuran BPJS Kesehatan kelas III tetap Rp25.500 per peserta per bulan. Ia menyatakan subsidi yang diberikan pemerintah ini bisa menutupi selisih iuran peserta terhadap perubahan iuran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan. Dalam perpres itu, peserta kelas III akan membayar iuran Rp42.000 per bulan mulai Januari 2020.
 
Terawan akan bertemu Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi untuk membahas rencana subsidi ini. Selain itu, dia akan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Namun, kapan keputusan soal subsidi ditetapkan belum diketahui.
 
Sebelumnya, Terawan menyebut sebanyak 19,9 juta peserta bukan penerima upah (PBPU) dan bukan pekerja (BP) pada kelas III mandiri akan menerima subsidi iuran BPJS Rp3,9 triliun. PBPU dan BP Kelas III Mandiri tetap membayar Rp25.500. Selisih iuran Rp16.500 bersumber dari subsidi yang diusulkan Menkes kepada Menko PMK, jika disetujui.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif