Diskusi di Formappi - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Diskusi di Formappi - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Jokowi Diminta Dengarkan Suara Rakyat Dalam Memiih Menteri

Nasional kabinet jokowi presiden jokowi
Candra Yuri Nuralam • 11 Juli 2019 12:40
Jakarta: Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo diminta mendengarkan masukan masyarakat dalam menentukan kabinet kerja periode kedua. Masukan masyarakat dinilai penting.
 
"Publik harus punya tempat untuk mengisi ruang pendapat ini, sehingga Presiden mendapat input dari publik," kata pengamat politik Sebastian Salang di kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Sebastian mengatakan masyarakat pantas memberikan rekomendasi nama menteri untuk pemerintahan lima tahun ke depan. Apalagi, Jokowi dipilih oleh rakyat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pak Jokowi terpilih bukan karena sendiri, tapi karena suara publik. Karena itu publik juga butuh untuk didengarkan masukannya," ujar Sebastian.
 
(Baca juga:Megawati Serahkan Pembentukan Kabinet Baru pada Jokowi)
 
Di sisi lain, Sebastian berharap Presiden bisa memilih orang yang tepat untuk memimpin pemerintahan. Meski, Jokowi menggagas menteri muda, orang itu harus profesional dan tegas dalam memimpin.
 
"Kita berharap siapa pun menterinya harus profesional di bidangnya, harus berpotensi, integritas dan ketegasan membuat kebijakan," tutur Sebastian.
 
Dia mengatakan menteri yang dipilih harus bisa mengaplikasikan visi misi Jokowi selama menjabat. Menteri dan Presiden diharap bisa bersinergi sampai lima tahun ke depan.
 
"Menteri juga harus satu visi dengan pemerintah. Jangan sampai dia gagap usai menanggapi visi besar dari Presiden," ucap Sebastian.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif