Presiden Joko Widodo di KTT ke-34 ASEAN. Foto: Istimewa
Presiden Joko Widodo di KTT ke-34 ASEAN. Foto: Istimewa

Jokowi Akan Gelar Pertemuan Bilateral di Sela KTT G-20

Nasional ktt g20
Ilham Pratama Putra • 29 Juni 2019 09:56
Jepang: Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral di sela KTT G-20 di Osaka, Jepang. Agenda tersebut merupakan rangkaian kegiatan Presiden di Jepang hari ini, Sabtu 29 Juni 2019.
 
Melansir Antara, pertemuan bilateral Presiden antara lain dengan India, Arab Saudi, Brasil, dan Australia. Jokowi juga akan mengadakan pertemuan dengan Bank Dunia.
 
Informasi di Media Center KTT G-20 Osaka, Jepang, menyebutkan sejumlah pertemuan bilateral akan dilakukan di Gedung Intex Osaka, Jepang. Pertemuan bilateral dengan Arab Saudi akan dilakukan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertemuan lain di KTT G-20 adalah untuk membahas pemberdayaan perempuan. Pertemuan selanjutnya, bertema inklusi dan kesinambungan global.
 
Selain itu, Jokowi juga turut membahas tema perubahan iklim, lingkungan, dan energi. Sebelumnya Jokowi juga sempat membicarakan kerja sama bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping.
 
Pertemuan dengan Xi yakni membahas permasalahan perang dagang. Keduanya tengah mengupayakan untuk mengurangi defisit perdagangan antara Indonesia dan RRT.
 
"Tadi dibahas juga bahwa tahun lalu impor RRT terhadap CPO (crude palm oil) Indonesia sudah melampaui angka satu juta ton yang berarti sudah lebih dari angka yang dijanjikan Presiden Xi sebelumnya," kata Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi saat mendampingi Presiden, di Hotel New Otani, Osaka, Jepang, melalui keterangan resmi, Jumat 28 Juni 2019.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif