Indikator Politik: 71 Persen Publik Puas Kinerja Jokowi

Intan Yunelia 03 Mei 2018 18:33 WIB
pilpres 2019
Indikator Politik: 71 Persen Publik Puas Kinerja Jokowi
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi--MI/Rommy
Jakarta: Lembaga survei Indikator Politik merilis hasil survei nasional per Maret 2018. Hasilnya, mayoritas masyarakat di Tanah Air puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo.

Dari hasil survei tersebut, kinerja Jokowi sejak awal masa kepemimpinan 2014 hingga kini 56 persen masyarakat cukup puas dengan kinerja mantan Wali Kota Solo itu. Sementara, 14,5 persen bahkan sangat luas. Hanya 25,4 persen yang kurang puas dan 1,9 persen sama sekali tidak puas. 

"Mereka mengatakan kinerja Jokowi sangat puas kalau kita total ada di 71 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi di Kantor Indikator Politik Indonesia di Jalan Cikini V, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Mei 2018.



Suasana Lembaga survei Indikator Politik merilis hasil survei nasional per Maret 2018--Medcom.id/Intan Yunelia.

Begitu pun dengan variabel tingkat keyakinan masyarakat terhadap kepemimpinan Jokowi di masa mendatang. Sebagian besar masyarakat yakin Jokowi dapat memimpin kembali di periode kedua. 

"Sekitar 17 persen publik sangat yakin dan 55,5 persen cukup yakin Jokowi mampu memimpin Indonesia ke depan menjadi lebih baik dari saat ini," ucap Burhanudin.

Baca: Survei: AHY Pimpin Bursa Cawapres Jokowi

Dibanding enam bulan yang lalu kepuasan atas kinerja Jokowi sebagai Presiden tampak semakin tinggi. Keyakinan atas kemampuan Jokowi untuk memimpin Indonesia juga semakin baik dan stabil. "Sekitar 73 persen warga merasa cukup atau sangat yakin Jokowi mampu," tutur Burhanudin.

Survei dilakukan periode Maret 2018 dengan 1.200 responden. Survei dilakukan dengan metode tatap muka dengan margin error sebesar 2,9 persen.




(YDH)