Tjahjo: Selamatkan Jakarta Dulu, Jangan Jauh-jauh
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan sambutan dalam peluncuran indeks kerawanan pemilu (IKP) Pilkada 2018 di Hotel Sahid, Jakarta. Foto: MI/Susanto.
Jakarta: Pernyataan Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais soal Gubernur DKI Anies Baswedan dikritik. Komentar Amien yang menganggap Anies sebagai penyelamat negeri disebut belum terbukti.

"Kita tunggu menyelamatkan DKI Jakarta dululah, jangan jauh-jauh. Enggak ada misalnya-misalnya. Kita lihat dulu di DKI bagaimana. Kan belum setahun," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta Barat, Kamis, 26 April 2018.

Menurut dia, pernyataan Amien tak sesuai konteks yang terjadi saat ini. Anies yang sedang menjalani tugas sebagai gubernur seharusnya didukung dalam pelaksanaanya,  bukan mereka-reka sesuatu yang belum terjadi.


Kendati begitu, Tjahjo tak memusingkan pernyataan Amien saat ceramah di Balai Kota itu. Yang penting, apa yang dia dilakukan sesuai dengan konteks. "Posisi Pak Amien, dia kan di Balai Kota berceramah, diundang, saya kira enggak ada masalah."

Sepengetahuan Politikus PDI Perjuangan itu, kehadiran Amien hanya memberi tausiah, bukan berkampanye. Alhasil, ia tak mempermasalahkan ceramah Amien. Namun, bila ada pihak yang terganggu dengan ceramah Amien, dia menyaran melapor ke penegak hukum. 

Baca: Ceramah tak Boleh Disisipi Politik Praktis

"Kalau ada penggiringan suara ya ada Panwas. Kan di DKI enggak ada pilkada. Ada konteks enggak dia dukung gubernur DKI pilkada? Tapi, kalau itu ada fitnah, ya laporkan ke polisi dong," jelas dia.

Amien sebelumnya menyebut Anies akan menjadi penolong Indonesia. Kesimpulan itu Amien dapatkan setelah dirinya membaca garis tangan Anies.
 
"Insyaallah jadi penyelamat negeri," kata Amien di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 24 April 2018.
 
Ucapan Amien mengundang tepuk tangan seluruh hadirin yang datang dalam acara satu tahun Ustazah Peduli Negeri. Bahkan, beberapa ibu berteriak, "Anies Presiden 2019."





(OGI)