Ketua DPR Puan Maharani. Foto Dok DPR.
Ketua DPR Puan Maharani. Foto Dok DPR.

PCR Jadi Syarat Penerbangan, DPR: Padahal Covid-19 Melandai

Nasional puan maharani DPR RI tes virus korona pemeriksaan rapid test pemeriksaan covid-19 Aturan Mobilitas Transportasi
Fachri Audhia Hafiez • 22 Oktober 2021 13:29
Jakarta: Syarat penerbangan mewajibkan tes polymerase chain reaction (PCR) dipertanyakan. Padahal, kasus covid-19 di Indonesia tidak separah beberapa waktu lalu.
 
"Masyarakat mempertanyakan kenapa dalam kondisi pandemi covid-19 di Indonesia yang semakin membaik, tapi justru tes perjalanan semakin ketat," kata Ketua DPR Puan Maharani melalui keterangan tertulis, Jumat, 22 Oktober 2021.
 
Puan heran ketika terjadi lonjakan kasus covid-19, justru syarat tes antigen dibolehkan. Menurut dia, hal itu mesti diluruskan pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau sekarang harus PCR karena hati-hati, apakah berarti waktu antigen dibolehkan, kita sedang tidak atau kurang hati-hati? Pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat seperti ini harus dijelaskan terang benderang oleh pemerintah," ucap Puan.
 
Puan menuturkan seharusnya tes PCR digunakan untuk instrumen pemeriksaan bagi pasien suspek covid-19. Tes PCR dinilai semakin menyulitkan masyarakat yang hendak bepergian dengan transportasi udara.
 
"Dan perlu diingat, tidak semua daerah seperti di Jakarta atau kota-kota besar yang tes PCR bisa cepat keluar hasilnya. Ada daerah yang belum tentu hasil tes PCR bisa selesai dalam 1x24 jam, maka kurang tepat ketika aturan tes PCR bagi perjalananan udara berlaku untuk 2x24 jam," ujar Puan.
 
Baca: Kemenhub Terbitkan 4 Aturan Terkait Mobilitas Transportasi
 
Syarat perjalanan udara tersebut tertuang pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021. Inmendagri yang mengatur soal pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3, 2, dan 1 di Jawa dan Bali itu mewajibkan tes PCR 2x24 jam sebagai syarat perjalanan transportasi udara.
 
Syarat perjalanan dari Inmendagri tersebut pun diatur lebih rinci melalui Surat Edaran (SE) nomor 21 tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19 dan SE Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif