Plt. Ketua BPIP Hariyono saat berkunjung di Perkampungan Pancasila di Karawaci, Tangerang. Medcom.id/Cindy Ang.
Plt. Ketua BPIP Hariyono saat berkunjung di Perkampungan Pancasila di Karawaci, Tangerang. Medcom.id/Cindy Ang.

BPIP Kunjungi Perkampungan Pancasila di Tangerang

Nasional pancasila
Cindy • 14 Februari 2019 22:17
Tangerang: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengunjungi Kampung Inovasi Hidroponik, Kampung Gendreng Pulo, dan Kampung Markisa di Karawaci, Tangerang. BPIP ingin mempelajari nilai Pancasila yang tumbuh di masyarakat tiga perkampungan itu.
 
"Dari warga-warga tiga kampung ini, kita bisa belajar membumikan Pancasila. Nilai-nilai kebajikan dan gotong royong yang bisa menyejahterakan lingkungan dan warganya," kata Plt. Kepala BPIP Hariyono di Karawaci, Tangerang, Kamis, 14 Februari 2019.
 
Hariyono menjelaskan Pancasila membumi di tiga perkampungan itu karena adanya program Pemerintah Kota Tangerang tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Masyarakat pun jadi peduli lingkungan atas kesadaran dan swadaya masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia pun takjub dengan pengamalan Pancasila di tiga perkampungan itu. Hariyono menyebut masyarakat tersebut berinisiatif mengamalkan Pancasila tanpa perlu dikunjungi Presiden.
 
"Pemerintah kota sudah bisa membangkitkan gerakan cinta lingkungan dan menjadi penggerak nilai Pancasila di masyarakat. Maka masyarakat bisa adil dan makmur tinggal waktu tercapainya saja," jelas Hariyono.
 
Guru Besar Universitas Negeri Malang itu menegaskan Pancasila tak cuma sekadar teori. Ideologi bangsa itu bisa diamalkan masyarakat di tingkat paling rendah.
 
"Dalam tatanan mikro kita sudah bisa melihatnya di kampung-kampung seperti ini. Harapannya lewat percontohan ini bisa berkembang dan disosialisasikan kepada masyarakat luas," jelas Hariyono.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif