Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno. (Foto: Medcom.id/Arga Sumantri)
Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno. (Foto: Medcom.id/Arga Sumantri)

PAN Keukeuh Usulan 10 Pimpinan MPR Logis

Nasional mpr partai amanat nasional
Arga sumantri • 16 Agustus 2019 15:56
Jakarta: Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno meyakini usulan penambahan kursi pimpinan MPR periode mendatang adalah ide logis. Usulan itu cocok dengan MPR sebagai rumah besar yang merepresentasikan DPR dan DPD.
 
"Saya kira itu usulan masuk akal. Memang dibutuhkan konsensus dulu agar semua terangkul, tidak merasa ditinggalkan, itu akan kita bahas," kata Eddy di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Menurut Eddy usulan penambahan kursi pimpinan MPR sudah disampaikan kepada partai politik lainnya. Pembicaraan antarparpol soal penambahan kursi pimpinan, kata dia, sudah berlangsung cair.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eddy mafhum wacana itu mengharuskan adanya perubahan Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3). Ia menilai andai terjadi perubahan dalam UU MD3, hal itu lumrah.
 
Baca juga:Angka Kemiskinan di Era Jokowi Terendah Sepanjang Sejarah
 
"Bagaimanapun juga itu nanti akan diubah. Undang-Undang itu nanti kembali ke porsi pimpinan semula. Apa pun perubahannya kita lihat nanti," ujarnya.
 
Eddy menepis anggapan kalau usulan itu semata diinginkan PAN. Ia berdalih usulan 10 kursi pimpinan sebagai bentuk pemikiran konseptual yang menganggap MPR sebagai rumah besar kebangsaan.
 
"Dan direpresentasikan fraksi yang ada. Saya pikir itu masuk akal, dari beberapa teman-teman yang usulkan itu merangkum semua fraksi," pungkasnya.
 
PAN memunculkan wacana penambahan kursi pimpinan MPR menjadi 10. Unsurnya terdiri dari sembilan fraksi dan satu kelompok DPD. Bila wacana ini disepakati, seluruh parpol yang lolos ke Parlemen di Pemilu 2019 berhak duduk di kursi pimpinan MPR.
 
Saat ini, aturan komposisi pimpinan MPR mengacu Pasal 427C UU MD3 Nomor 2 Tahun 2018. Pimpinan MPR hasil Pemilu 2019 dikembalikan ke formasi satu ketua dan empat wakil. Pemilihannya melalui sistem paket yang terdiri atas unsur fraksi dan kelompok DPD.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif