Presidend dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. MI/Ramdani.
Presidend dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. MI/Ramdani.

Rencana Jokowi Bentuk Kementerian Baru Dinilai Tepat

Nasional kabinet jokowi
Desi Angriani • 15 Agustus 2019 19:58
Jakarta: Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi menilai pembentukan kementerian baru di kabinet periode kedua sudah tepat. Sebab, kinerja sejumlah kementerian ekonomi saat ini belum mampu mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.
 
"Saya pikir rencana Jokowi harus didukung. Jadi ini supaya pemerintah sendiri bisa mengkoordinasikan lebih baik lagi, prioritasnya. Karena kebanyakan yang ngurus juga enggak efisien," ujar Sofjan di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Sofjan mencontohkan Kementerian Luar Negeri yang akan berubah menjadi Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Internasional. Perubahan itu dinilai bakal memberikan dampak cukup besar menggenjot ekspor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, dibentuknya Kementerian Investasi akan membuat kinerja Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjadi lebih efektif dan efesien dalam mengejar target penanaman modal asing.
 
Baca: Kursi Menteri Dipastikan Bukan Milik Oposisi
 
"Kita harus gerak cepat. Situasi ekonomi kita ini susah sekali loh. Kita harus kerja keras bersatu menghadapi ke depan bersama," jelasnya.
 
Sofjan mengatakan Presiden terpilih juga berencana menggabungkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Namun, keputusan itu belum final.
 
"Itu diskusi yang belum final. Itu mencocokan dengan mencari orang yang tepat. Itu yang akan digabung," pungkasnya.
 
Pada periode 2014-2019, Jokowi menggabungkan beberapa kementerian seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif