Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam pembukaan Kongres II NasDem di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam pembukaan Kongres II NasDem di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga

NasDem Siap Membuktikan Keraguan

Nasional Kongres NasDem
Cindy • 09 November 2019 01:09
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan NasDem merupakan partai yang paling setia terhadap pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. NasDem siap membuktikan itu kepada mereka yang meragukan.
 
"Ada orang yang ragu dan kita balas keraguan itu untuk meyakinkan, jangan ragu-ragu berpikir positif saja," kata Surya usai acara pembukaan Kongres II NasDem di JI Expo Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat, 8 November 2019.
 
Surya merasa ada pihak-pihak yang curiga atas upaya silaturahmi politik yang dilakukan NasDem. Namun, Surya tak menuding pihak atau partai politik tertentu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang mencurigai NasDem, ya kita enggak tahu. Tapi pasti ada. Enggak terlihat tapi ada perasaan saja," ungkapnya.
 
Surya menegaskan bangsa Indonesia sudah lelah dengan segala sikap yang mengundang sinisme atau kecurigaan satu sama lain. Indonesia juga lelah dengan sikap saling curiga.
 
"Sehingga ketika kita berkunjung pun ke kawan, mengundang kecurigaan. Bangsa model apa seperti ini?" ucap Surya dalam pidatonya.
 
Surya juga menyinggung praktik demokrasi di Indonesia. Ia menilai Indonesia seolah bergaya demokrasi liberal, padahal praktiknya masih ortodoks dan konservatif.
 
Bagi Surya, ada situasi yang paradoks dalam praktik demokrasi Indonesia. Banyak ucapan dan perbuatan yang tak sejalan. Situasi tersebut, kata dia, justru membuat bangsa Indonesia semakin menjauh dari nilai Pancasila.
 
"Kita bilang kita mau maju tapi melangkah ke belakang. Kita bilang 'mari bermusyawarah, bergotong royong', tapi kita hanya bilang 'Aku saja yang penting yang lain biar mati," ucap Surya.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif