Anggota DPR fraksi NasDem Yessy Melania.
Anggota DPR fraksi NasDem Yessy Melania.

Legislator NasDem Ajak Pemuda Menjadi Subjek Pembangunan

Nasional partai nasdem
Arga sumantri • 30 Oktober 2019 00:49
Jakarta: Anggota DPR fraksi NasDem Yessy Melania mengajak pemuda untuk menjadi subjek pembangunan. Hal ini ia sampaikan ketika menerima audiensi sejumlah pelajar dan mahasiswa Kalimantan Barat.
 
"Momen sumpah pemuda ini menjadi refleksi bagi para pemuda pemudi untuk melangkah jauh ke depan bagi bangsa dan negara," kata Yessy di Jakarta, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Yessy mengatakan anak muda masa kini punya energi besar, visioner, melek teknologi, dan responsif. Makanya, anak muda harus diberikan masukan yang berbobot, sehingga bisa menjadi subjek dan objek pembangunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berpikir kritis, serta dapat menjadi agen perubahan melangkah mewujudkan mewujudkan Indonesia maju," ujarnya.
 
Dalam forum tersebut, Yessy juga menyoroti kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Indonesia. Ia mengajak masyarakat, utamanya pemuda, menekan karhutla dengan cara lebih sadar lingkungan.
 
"Pemuda-pemuda sebagai kontrol sosial juga harus berperan mensosialisasikan (sadar lingkungan) ke masyarakat yang lebih luas," ujarnya.
 
Yessy mengaku ingin pula mendorong regulasi yang berkaitan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan guna mengatasi karhutla. Bukan hanya soal karhutla, tapi juga terkait investasi perkebunan.
 
"Dapat mendatangkan iklim investasi perkebunan, tentunya tetap memperhatikan aspek lingkungan agar tidak terjadi lagi pembakaran," ujarnya.
 
Yessy menilai salah satu musabab karhutla yaitu lemahnya koordinasi dan kurangnya penyediaan sarana prasarana pencegahan kebakaran hutan. Yessy pun menyarankan kepada pemuda aktif mengawal agar tidak ada lagi pembukaan lahan perkebunan baru dengan cara-cara pembakaran hutan.
 
"Apalagi sudah banyak aturan yang mengatur soal pembukaan lahan dengan cara pembakaran," ujarnya.
 
Yessy juga membahas soal rencana pemindahan ibu kota. Ia mengaku bangga atas wacana tersebut. Bagi Yessy, rencana tersebut sangat positif bagi Indonesia.
 
"Nantinya iklim investasi, ekonomi dan pemerataan pembangunan segala aspek akan banyak dilirik dari berbagai pihak," ungkapnya.
 
Yessy menitip pesan kepada pemuda pemudi Kalimantan Barat agar terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini untuk menghadapi ketatnya persaingan agar dapat mengambil peran sebagai subjek dan objek pembangunan.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif