Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat menerima piagam penghargaan untuk Kemenparekraf.
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat menerima piagam penghargaan untuk Kemenparekraf.

Ma'ruf Serahkan Penghargaan ke Sejumlah Kementerian dan Lembaga

Nasional keterbukaan informasi publik
Medcom • 21 November 2019 15:00
Jakarta: Wakil Presiden Ma`ruf Amin menyerahkan Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik 2019 ke sejumlah kementerian dan Lembaga. Mereka dinilai transparan dalam tata kelola.
 
"Kita melaksanakan penilaian ini, karena menyadari pentingnya informasi bagi masyarakat, merupakan hak yang dijamin Undang-Undang. Oleh karenanya, memberi informasi publik menjadi kewajiban," kata Ma`ruf di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 21 November 2019.
 
Ma'ruf menegaskan, pemerintah berkomitmen menghadirkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan transparan, untuk itu dukungan semua pihak diharapkan untuk mewujudkannya. "Salah satu misi pemerintah adalah mewujudkan pengelolaan pemerintahan yang bersih. Menjadi terpercaya mustahil tanpa keterbukaan, transparansi," ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wapres berharap Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik 2019 menjadi pemacu badan publik lainnya untuk lebih terbuka dan transparan dalam tata kelolanya.
 
Ma'ruf berharap setiap badan publik bisa mengambil peran dalan menangkal hoaks yang bisa menciptakan kegaduhan bahkan memecah-belah bangsa.
 
"Masih ada tantangan untuk menjadi badan publik yang dipercaya. Saya minta, badan publik bisa meningkatkan kualitas konten yang disampaikan. Badan publik harus mampu menjadi ujung tombak penangkal hoaks," katanya.
 
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Angela Tanoesoedibjo berterima kasih atas penghargaan yang diberikan untuk Kemenparekraf. Penghargaan ini akan menjadi pemacu dirinya dan Kemenparekraf untuk terus mengedepankan transparansi dalam tata kelola kementerian.
 
Selain Kemenparekraf, Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik 2019 diberikan kepada 10 kementerian lain berdasarkan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019.
 
Selain kementerian, penghargaan juga diberikan kepada enam kategori lain yakni lembaga negara dan lembaga pemerintah non-kementerian, lembaga non-struktural, pemerintah provinsi, BUMN, perguruan tinggi negeri, dan partai politik.
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif