Jokowi Minta Kementerian, Lembaga, dan Kepala Daerah Perkuat Sinergi

Achmad Zulfikar Fazli 06 Desember 2017 16:55 WIB
presiden jokowi
Jokowi Minta Kementerian, Lembaga, dan Kepala Daerah Perkuat Sinergi
Presiden Joko Widodo dalam acara penutupan pertemuan pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia di Peninsula Island, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Foto: Biro Pers Setpres.
Bogor: Presiden Joko Widodo meminta kementerian, lembaga, dan kepala daerah memperkuat sinkronisasi, keterpaduan, serta sinergitas dalam menjalankan setiap program pembangunan. Pasalnya, kegiatan itu menggunakan anggaran negara yang jumlahnya tak sedikit.

"Ini harus sambung, harus terintegrasi," kata Jokowi dalam penyerahan daftar osian pelaksanaan anggaran (DIPA) dan buku daftar alokasi transfer ke daerah dan dana desa 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabun 6 Desember 2017.

Ia tidak ingin permasalahan dalam pembangunan infrastruktur terus terulang. Misalnya, bendungan atau waduk didirikan, tetapi irigasinya bertahun-tahun tidak kunjung dibangun.


Ada juga pembangun pelabuhan yang tak diikuti dengan pembangun jalan. "Ini juga waduk enggak satu, dua. Pelabuhan enggak satu, dua. Jangan kita ulang sekali lagi seperti ini," tegas dia.

Kepala Negara meminta perencanaan dan penganggaran harus fokus. Ia tak ingin anggaran dikeluarkan tanpa adanya hasil nyata buat masyarakat.

"Sekali lagi, uang jangan diecer-ecer semuanya ke banyak kegiatan sehingga hasilnya tidak nampak. Baunya saja tidak nampak, apalagi fisiknya. Ini kalau kita terlalu banyak kegiatan," pungkas dia.



(OGI)