Sekjen DPP PKB Abdul Kadir Karding. Foto: Istimewa
Sekjen DPP PKB Abdul Kadir Karding. Foto: Istimewa

Dana Parpol Naik, KPK Ingatkan Penguatan Kaderisasi

Nasional parpol
07 September 2017 20:43
medcom.id, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta partai politik untuk memanfaatkan dana parpol untuk memperkuat kaderisasi. Harapannya, kelak kader parpol tak terjebak korupsi.
 
"Ada 134 legislator yang terjaring korupsi, belum lagi dari para politisinya,” kata Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, seperti dilansir Antara, Kamis 7 September 2017.
 
Untuk itu, parpol diminta memberikan pendidikan politik yang baik bagi kader sehingga kaderisasinya berjalan. "Semakin baik progresnya, maka semakin besar juga peluang penambahan dana parpolnya. Termasuk biaya
pendidikan politik dan kaderisasi. Kami harap kaderisasi berjalan baik dan transparan,” kata Nainggolan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khusus kaderisasi, kata Nainggolan, KPK siap memfasilitasi. “Minimal kami sediakan modul integritas, termasuk fasilitatornya. Kami siap memobilisasi. Intinya kami ingin ada penjenjangan yang sehat di dalam partai politik,” kata Nainggolan.
 
KPK, menurut Nainggolan, menawarkan kerja sama jangka panjang. “Kami berharap kerja sama dengan partai politik berjalan lebih baik dalam waktu lebih dari empat tahun ke depan,” ujar Nainggolan.
 
PKB menyambut positif
 
Usul KPK ini disambut positif Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sekretaris Jenderal DPP PKB Abdul Kadir Karding mengatakan penambahan dana parpol sangat membantu.
 
“Kami akan menggunakan dana itu untuk memaksimalkan kegiatan kaderisasi di seluruh wilayah Indonesia,” kata Karding.
 
Karding mengapresiasi dukungan yang telah diberikan KPK kepada parpol dalam mengusahakan penaikan dana parpol. Karding mengatakan sistem integritas parpol di Indonesia menjadi tema yang cukup menarik untuk dibahas dan diperbincangkan.
 
PKB, kata Karding, selama ini telah melakukan serangkaian kegiatan yang tujuannya meningkatkan integritas partai sampai ke pengurus cabang, ranting, dan basis.
 
“Kami telah melaksanakan berbagai kegiatan kaderisasi, strukturisasi, kesekretariatan, dan kegiatan terkait media sosial untuk para kader. Kami berupaya maksimal untuk membangun politik Indonesia yang lebih baik,” kata dia.
 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif