Parpol Diminta Serius Mempersiapkan Persyaratan Capres-Cawapres

Arga sumantri 09 Agustus 2018 13:19 WIB
pilpres 2019
Parpol Diminta Serius Mempersiapkan Persyaratan Capres-Cawapres
Gedung KPU/MI/Ramdani
Jakarta: Komisi Pemihan Umum (KPU) meminta partai politik betul-betul menyiapkan pendaftaran calon yang diusung pada Pilpres 2019. KPU berarp berkas yang diserahkan tak bermasalah.

"Tolong siapkan segala sesuatunya, terutama persyaratan calon," tegas Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Agustus 2018.

Ilham memerinci salah satu syarat utama pencalonan ialah surat dukungan yang ditandatangani ketua umum dan sekjen parpol pengusung. Seluruh kolom tanda tangan harus terisi.


"Jangan alasan ketua enggak ada, sekjen enggak ada, ini pendaftaran presiden loh," tekan dia.

Baca: KPU Siap Hadapi Pendaftaran Capres

Syarat administrasi lain juga harus diperhatikan. Misalnya, SKCK, ijazah, dan surat keterangan tidak pailit. KPU tak ingin ada pengaturan waktu untuk perbaikan.

"Karena agak merepotkan, jadi prinsipnya persiapkan segala sesuatu," ujar Ilham.

KPU juga meminta partai politik memberikan pengertian pada para simpatisan agar tertib. Proses pendaftaran tak boleh merusak fasilitas umum di sekitar Kantor KPU.

Ilham memastikan hanya 170 orang yang bisa masuk ke halaman gedung KPU saat mendaftar. Dan hanya 50 orang yang boleh masuk hingga ke lantai atas.

"Kita sudah kasih ID, untuk di bawah siapa, teras siapa, atas siapa saja, ada perbedaan. Prinsipnya, kita sudah siap kalau mereka mau daftar," ujar dia.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id