Mahfud MD Deklarasi Cawapres Hari Ini
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Foto: MI/Susanto.
Jakarta: Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD bertolak menuju pelataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Agustus 2018. Rencananya akan ada deklarasi dirinya sebagai calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo.

"Saya mau deklarasi hari ini," kata Mahfud seperti Dikutip dari Metro TV, di Kamis, 9 Agustus 2018.

Soal partai pendukung koalisi, Mahfud mengaku belum banyak berkomunikasi. Dirinya hanya diminta menyiapkan curriculum vitae (CV) oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sehari sebelumnya, Mahfud diminta bersiaga oleh Sekretaris Negara Pratikno.


Terkait dukungan dari Nahdlatul Ulama, ia yakin tak akan terpecah. NU akan bulat mendukung Jokowi bersama dirinya.

Baca: Mahfud MD Urus Surat Calon Pejabat Negara ke Pengadilan

Sebelumnya, Mahfud telah mengajukan surat tidak pernah sebagai terpidana ke Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Surat diajukan sebagai salah satu syarat sebagai pejabat negara. 

Humas PN Sleman Ali Sobirin mengatakan pemohonan surat itu sudah diterbitkan kemarin, Rabu, 8 Agustus 2018 yang ditandatangani Ketua PN Sleman, Ema Suharti.

Ali mengatakan surat diterbitkan oleh pengadilan lantaran berdasarkan register perkara pidana pengadilan, Mahfud tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara dan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan negeri. 

"Surat pengajuan itu kemudian dicek pada register perkara lalu dikeluarkan suratnya. Keterangan surat itu yakni untuk dipergunakan persyaratan sebagai pejabat negara," ucap Ali.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id