Jokowi Hanya Bahas Cawapres secara Empat Mata
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Antara/Fahrul.
Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan sepenuhnya mekanisme pemilihan calon wakil presiden kepada Presiden Joko Widodo. Airlanga menyebut, biasanya pembahasan dilakukan secara empat mata dengan ketua umum partai politik.
 
"Tentunya ada semacam pembicaraan antara Presiden dengan ketua partai, mungkin caranya tidak multilateral, kalau beliau kan caranya satu-satu," kata Airlangga di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Juni 2018.
 
Jokowi memang biasa mengadakan pertemuan dengan ketua umum partai politik. Pertemuan biasanya dilakukan di beranda belakang Istana Merdeka. Ia juga menggelar pertemuan dengan ketua umum partai politik oposisi.

Baca: Penentuan Cawapres Jokowi Usai Pilkada

Airlangga tak akan memaksakan calon pendamping buat Jokowi. Ia memberikan kebebasan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu memilih pendamping.
 
"Karena yang namanya wapres kan memang Presiden yang memilih," kata Airlanga.
 
Partai koalisi pun demikian. Hingga saat ini, partai koalisi belum mengajukan nama kandidat kepada Jokowi.
 
Airlangga yakin partai pendukung akan maklum dengan pilihan Jokowi. Asal, Jokowi memberi tahu partai pendukung sosok yang akan dipilihnya.
 
"Yang paling penting bagi partai pendukung beliau diberi tahu. Sehingga mempunyai persiapan selanjutnya," pungkas Menteri Perindustrian itu.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id