CEO Media Group News Muhammad Mirdal Akib. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
CEO Media Group News Muhammad Mirdal Akib. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Media Berperan Penting Membentuk Karakter Pemuda

Nasional kpi televisi digital media group
Theofilus Ifan Sucipto • 28 Oktober 2020 15:30
Jakarta: Pembangunan karakter generasi muda menjadi modal penting memajukan Indonesia. Media punya peran membentuk itu.
 
“Penting sekali peran media membentuk karakter pemuda,” kata CEO Media Group Mirdal Akib dalam webinar daring bertajuk “Pemuda Maju, Memajukan Indonesia,” Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Mirdal menuturkan Indonesia diberkahi bonus demografi yang melimpah. Sebanyak 65 persen-70 persen penduduk Indonesia berusia 0 sampai 35 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jepang pernah berada di kondisi serupa usai peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki pada 1945. Sebanyak 65 persen penduduk Jepang berusia produktif.
 
“Selama 20 tahun kemudian Jepang jadi negara industri ketiga terbesar di dunia. Artinya siklus 20 tahun dari sekarang bertepatan memasuki 100 tahun kemerdekaan Indonesia,” ujar dia.
 
(Baca: Sumpah Pemuda 2020 Momentum Optimalkan Bonus Demografi)
 
Mirdal menyebut pembentukan karakter pemuda harus dilakukan sejak dini. Supaya bonus demografi tidak menjadi bumerang bagi kemajuan Indonesia.
 
“Kalau tidak bikin ekosistem dan pranatanya, kita khawatir yang kita dapatkan bukan bonus demografi tapi sebaliknya,” tutur Mirdal.
 
Dia menjelaskan Indonesia bersiap memasuki era 5G. Semua hal akan serba canggih dan otomatis. Regulasi dan peraturan mendesak dibentuk agar manusia tetap memegang kontrol terhadap teknologi.
 
“Jangan sampai teknologi mendahului regulasi yang disiapkan pemerintah. Kalau tidak, siklus 20 tahunan tidak terjadi,” ucap dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif