Gedung DPR/MPR  (Foto:MI/Susanto)
Gedung DPR/MPR (Foto:MI/Susanto)

Reformasi Lembaga Perwakilan Harus Diikuti Penguatan Sistem Pendukung

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 18 April 2019 20:05
Jakarta: Banyak hal yang harus dibenahi dalam mewujudkan reformasi Lembaga Perwakilan. Salah satunya meningkatkan fungsi Kesekretariatan Jenderal (Kesetjenan) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI.
 
Hal itu disampaikan oleh Indra usai memberi sambutan dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Penyempurnaan Blue Print Implementasi Reformasi DPR’, di Ruang Abdul Muis, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 18 April 2019.
 
“DPR ini juga dituntut memiliki fungsi berfikir, maka supporting system (Kesetjenan) sebagai fasilitator dari fungsi berfikir itu juga harus kuat. Jadi Kesetjenan juga akan di reformasi,” kata Indra.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indra menginginkan, penguatan tersebut harus terwujud dalam peraturan perundang-undangan. Upaya itu diharapkan mampu memaksimalkan kinerja dewan dan sistem pendukung.
 
“Memang ini masih luas dan masih terlalu lebar. Ke depan, aturan-aturan ini harus kita tuangkan dalam UU yang lebih detail dan rinci supaya reformasi ini lebih jelas arahnya,” tambah Indra.
 
Sementara itu Kepala Pusat (Kapus) Perancangan Undang-Undang (PUU) Badan Keahlian DPR RI Inosentius Syamsul berharap FGD yang dilakukan dapat menampung berbagai masukan yang berkaitan dengan paket RUU Lembaga Perwakilan.
 
Paket yang dimaksud yaitu RUU tentang MPR, RUU tentang DPR, RUU tentang DPD, RUU tentang DPRD, dan RUU tentang Peradilan Etika Lembaga Perwakilan secara keseluruhan.
 
"Mengingat ada 6 paket RUU tersebut dimana semuanya adalah lampiran dari blue print tentang peningkatan atau penguatan lembaga parlemen secara khusus," kata pria yang akrab disapa Sensi.
 
FGD diisi oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Guru besar Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (UI) Eko Prasojo, Dosen Sosiologi FISIP Universitas Gajah Mada (UGM) Aris Sujito, Guru Besar dan Ketua Program Pasca sarjana Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) Syamsul Maarif.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif