Wejangan Panglima untuk Andika Perkasa
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) menyaksikan KSAD Jenderal Andika Perkasa (kedua kanan) membubuhkan tanda tangan disaksikan pejabat lama Jenderal TNI Mulyono saat upacara serah terima jabatan KSAD di Mabes TNI AD, Jakarta, Kamis (29/11/2018). F
Jakarta: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan seluruh prajurit TNI Angkatan Darat untuk memegang teguh netralitas TNI. Apalagi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. 

"Tahun 2019 adalah tahun yang sangat krusial. Krusial dalam konteks kepemimpinan nasional," kata Hadi saat memberi sambutan pada acara serah terima jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dari Jenderal TNI Mulyono kepada Jenderal TNI Andika Perkasa, di Mabesad, Jakarta Pusat, seperti dilansir Antara, Kamis, 29 November 2018.

Panglima juga meminta prajurit TNI AD tidak memihak pada kontestan mana pun. "Netralitas TNI adalah formulasi terbaik dalam kontestasi pemilihan umum. Agar pesta demokrasi dapat berjalan jujur, adil, dan berkualitas," tuturnya.

Selain perhelatan pemilu, lanjut Hadi, pada 2019 juga akan ada tahapan rencana strategis (renstra) 2020-2024. "Saya berharap renstra 2020-2024 TNI AD disusun secara komprehensif dengan memerhatikan program prioritas Panglima TNI," tuturnya.  

Mantan irjen Kemhan ini meminta KSAD yang baru, Andika Perkasa, untuk segera mengonsolidasi secara internal pasukannya guna melanjutkan program kerja 2018. Terutama dalam menyusun 11 program prioritas yang sudah dicanangkan Panglima TNI.   

"Saya yakin Jenderal Andika bisa membawa Angkatan Darat profesional dan solid sesuai harapan kita semua," kata Hadi.

Panglima pun meminta Andika berkomunikasi secara intensif dengan seluruh jajaran dan keluarga besar TNI AD, termasuk senior dan purnawirawan.

"Jabarkan rencana dan program pembangunan TNI AD. Selaraskan dengan 11 program prioritas dari Mabes TNI. Dan, susun dalam suatu program 100 hari kerja. Program 100 hari kerja merupakan bentuk percepatan dalam mewujudkan program prioritas tersebut," kata dia.

Mantan kepala staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini juga meminta agar Andika mempertahankan dan meningkatkan soliditas TNI serta memupuk semangat sinergi.

Panglima TNI memimpin serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf TNI Angkatan Darat
(KSAD) dari Jenderal TNI Mulyono kepada Jenderal TNI Andika Perkasa. Sertijab dilakukan di Markas Besar TNI AD, Jakarta Pusat, pagi tadi. Sertijab diawali dengan masuknya panji TNI Angkatan Darat.

Jenderal TNI Mulyono memasuki masa pensiun pada Januari 2019. Sedangkan Andika sebelumnya menjabat Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Sejumlah tamu undangan turut hadir dalam upacara sertijab tersebut. Mulai dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Siwi Sukma Adji, Menko Polhukam Wiranto, Menhan Ryamizard Ryacudu, hingga mantan panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo.




(UWA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id