Pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie. Medcom.id/Theo
Pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie. Medcom.id/Theo

Presidensi G20 Dinilai Perlu Menghadirkan Juru Bicara Ulung

Nasional KTT G20 Crosscheck G20 Presidensi G20
Theofilus Ifan Sucipto • 17 April 2022 12:22
Jakarta: Keputusan pemerintah menunjuk Maudy Ayunda sebagai juru bicara (jubir) Presidensi G20 Indonesia diacungi jempol. Namun, pemerintah dinilai perlu juga mengerahkan jubir dengan jam terbang tinggi.
 
“Jubir muda, cantik, smart, itu fine. Tapi lebih fine kalau ditampilkan diplomat-diplomat ulung,” kata pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie dalam Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Ancam Boikot G20, Amerika Intervensi Kedaulatan Presidensi Indonesia’ secara virtual, Minggu, 17 April 2022.
 
Connie mengatakan jubir tidak hanya berperan mengomunikasikan G20 ke internal Indonesia. Namun, melakukan kontra narasi ke luar Indonesia bila ada yang hendak mengganggu kedaulatan bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Connie menyinggung Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen yang mengatakan Rusia harus dikeluarkan dari forum ekonomi utama G20. Yellen mengancam AS akan memboikot sejumlah pertemuan G20 jika pejabat Rusia muncul.
 
“Jubir perlu banyak counter hal-hal soal G20 dari urusan intervensi. Itu betul-betul berhubungan dengan sebuah kemampuan jam kerja tinggi,” papar dia.
 
Menurut Connie, ada sejumlah sosok yang cocok mengisi posisi tersebut. Misalnya, mantan Menteri Luar Negeri sekaligus mantan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Britania Raya Marty Natalegawa.
 
“Bisa juga Pak Djauhari Oratmangun yang sekarang Dubes Indonesia untuk Tiongkok dan pernah (menjadi Dubes) di Rusia, jadi pengalamannya tinggi,” ujar dia.
 
Connie menyebut ketegasan Indonesia bersikap di G20 sangat krusial. Hal itu menjadi bukti kedaulatan Indonesia dan tidak bisa seenaknya diintervensi.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif