Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: MI/M Irfan
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: MI/M Irfan

Draf Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Rampung

Nasional Omnibus Law
Antara • 13 Januari 2020 15:26
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD memastikan pembahasan draf Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja sudah rampung. Draf RUU tersebut akan diserahkan ke DPR setelah reses.
 
"Sudah rampung. Iya, (Omnibus Law) Cipta Lapangan Kerja," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.
 
DPR kembali bersidang usai reses hampir satu bulan, dan sidang paripurna pertama pada 2020 telah digelar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Substansi Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja mencakup 11 klaster yakni Penyederhanaan Perizinan, Persyaratan Investasi, Ketenagakerjaan, Kemudahan, Pemberdayaan, dan Perlindungan UMK-M, Kemudahan Berusaha, Dukungan Riset dan Inovasi, Administrasi Pemerintahan, Pengenaan Sanksi, Pengadaan Lahan, Investasi dan Proyek Pemerintah, dan Kawasan Ekonomi.
 
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly sebelumnya mengatakan penyusunan RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja telah 95 persen dan masuk dalam tahap finalisasi.
 
“Semua poin-poin sudah harus selesai. Ini sudah 95 persen jadi tinggal finalisasi aja,” kata Yasonna di Kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Yasonna menuturkan Presiden Joko Widodo telah memberikan target waktu untuk menyelesaikan RUU Omnibus Law tersebut yaitu selama dua minggu, sehingga dapat diajukan sebagai Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas DPR RI 2020.
 
“Ratas kemarin Pak Presiden menargetkan kita selesai dua minggu paling lambat jadi kita harapkan reses dapat Prolegnas masuk, surpres (Surat Presiden) sudah harus masuk,” kata dia.
 
Yasonna menegaskan pemerintah melibatkan para buruh dalam proses pembahasan sampai penyusunan RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Dengan begitu, hasilnya sesuai keinginan dan kebutuhan mereka.
 
“Ini ada tim yang mengerjakan untuk menyampaikan ke teman-teman serikat buruh terkait konsep yang kita atur karena ini kan untuk menciptakan lapangan kerja,” kata dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif