Honor Megawati Cs Sesuai Beban Kerja

Achmad Zulfikar Fazli 30 Mei 2018 19:00 WIB
pancasila
Honor Megawati Cs Sesuai Beban Kerja
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur -- ANT/Agus Bebeng
Jakarta: Gaji yang diterima para pimpinan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dinilai telah sesuai peraturan dan tugas yang diemban. Level BPIP dianggap setingkat kementerian sehingga struktur organisasi dan jabatannya berubah.

"(hak keuangan) ini berdasar pertimbangan beban kerja, dampak yang dihasilkan lembaga tersebut, kemudian terakhir kapasitas dan kompetensi dari pada ketua dan anggota dewan pengarah," papar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur di Komplek Istana Negara, Jakarta, Rabu, 30 Mei 2018.

Asman menjelaskan BPIP bertugas memberikan pemahaman Pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat. Honor yang diberikan disesuaikan dengan beban tugas dan diputuskan bersama.


‎"Ini prosesnya panjang, beban kerja jadi patokan kita dan outcome dari badan itu. Ini kita analisa bersama mulai dari Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Menpan-RB," jelas dia.

‎‎Asman mengatakan, gaji Megawati Cs selaku Dewan Pengarah lebih besar ketimbang Kepala BPIP, karena melakukan desain perencanaan hingga pembinaan badan tersebut.

‎"Itu kan diisi tokoh tokoh nasional kita, mantan wapres, mantan presiden dan tokoh lainnya, jadi ini bukan sekedar mengawasi, tapi juga mendesain, bagaimana agar ideologi itu bisa masuk sesuai substansi yang kita harapkan, mulai anak-anak sampai dewasa," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menandatangani Perpres Nomor 42 Tahun 2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas lainnya bagi pimpinan, pejabat, pegawai BPIP.

Rinciannya, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri mendapat Rp112.548.000. Anggota Dewan Pengarah Try Sutrisno, Ahmad Syafii Maarif, Said Aqil Siradj, Ma'ruf Amin, Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, dan Wisnu Bawa Tenaya mendapat ‎Rp100.811.000. Sementara Kepala BPIP Yudi Latif mendapat gaji Rp76.500.000.




(SCI)