Amien Rais Ingin Menyamakan Muhammadiyah dengan PAN

24 November 2018 13:50 WIB
pilpres 2019
Amien Rais Ingin Menyamakan Muhammadiyah dengan PAN
Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari. (Foto: MI/Rommy Pujianto)
Jakarta: Pengamat Politik M Qodari menilai Amien Rais berupaya menyamakan Muhammadiyah dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Hal ini terkait pernyataan Amien yang akan menjewer Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir ketika membebaskan jemaah Muhammadiyah dalam pilihan politik.

"Saya kira ini tidak lepas dari posisi Amien sebagai salah satu tokoh kubu 02 (Prabowo-Sandi) dan mungkin Amien Rais agak lupa bahwa Muhammadiyah itu bukan PAN," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Editorial Media Indonesia, Sabtu, 24 November 2018.

Menurut Qodari pernyataan Amien akan menjewer Haedar yang membebaskan pilihan politik jemaah Muhammadiyah sudah kebablasan. Amien bukan lagi Ketum PP Muhammadiyah bukan pula bagian dari organisasi Muhammadiyah yang telah menyatakan sikap untuk netral dalam Pilpres 2019.


Ia menilai apa yang disampaikan Amien bertujuan meraup suara Muhammadiyah dengan cara yang sama seperti dia memposisikan diri sebagai elite di PAN.

"Di PAN Amien posisinya dominan, siapa pun ketuanya dia tetap sutradaranya. Cara pandang ini tercermin dari pernyataan ingin menjewer Haedar Nasir walaupun Ketum PP Muhammadiyah itu bukan Amien lagi," ungkapnya.

Secara politik Qodari mengatakan Muhammadiyah tidak bisa disamakan dengan PAN. Amien, tambah dia, boleh saja mengharapkan dukungan dari Muhammadiyah namun tidak dengan cara 'menjewer' Haedar Nasir.

"Cukup katakan 'warga Muhammadiyah saya mengimbau agar memilih pasangan 02' tanpa harus menyerang atau menekan Haedar secara terbuka. Kesannya mendegradari Haedar yang notabene Ketua Umum Muhammadiyah," jelasnya.





(MEL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id