Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali di Hotel Royal, Tarakan, Kalimantan Utara. Foto: Candra Yuri Nuralam/Medcom.id
Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali di Hotel Royal, Tarakan, Kalimantan Utara. Foto: Candra Yuri Nuralam/Medcom.id

NasDem Tak Akan Berkompromi Kepada Eks Koruptor

Nasional Pemilu Serentak 2020
Candra Yuri Nuralam • 09 Desember 2019 15:22
Tarakan: Partai NasDem ogah mengusung eks koruptor sebagai calon kepala daerah pada Pilkada 2020. NasDem tak akan berkompromi kepada eks koruptor.
 
"Bagi NasDem, itu (eks koruptor) enggak usah dicalonkan dan enggak usah didiskusikan," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali di Hotel Royal, Tarakan, Kalimantan Utara, Senin, 9 Desember 2019.
 
NasDem ingin calon kepala daerah yang bersih. NasDem tetap menolak mencalonkan eks koruptor meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak melarangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memang secara hukum mereka memenuhi syarat untuk mencalonkan selama tidak dicabut hak politiknya. Namun, bagi NasDem itu sudah standar partai (tidak mencalonkan eks koruptor)," ujar Ali.
 
Ali menegaskan sikap partainya ini bukan untuk membangkang terhadap undang-undang. Dia mengakui eks koruptor punya hak berpolitik usai menjalankan hukumannya. Namun, NasDem memiliki citra yang harus dipertahankan.
 
"Eks koruptor punya hak yang sama dalam berpolitik. Eks koruptor bukannya sesuatu yang tercela, tapi itu standar kita (tidak mencalonkan eks koruptor) sehingga enggak bisa didiskusikan lagi," tegas Ali.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif